ADVERTISEMENT

Rencana Prabowo Subianto Bikin Klub Bola, Namanya Nusantara United!

Rifkianto Nugroho - Sepakbola
Selasa, 07 Jun 2022 11:40 WIB
Prabowo Subianto ingin mendirikan klub sepakbola.
Prabowo Subianto ingin mendirikan kliub sepakbola saat pensiun menjadi Menteri Pertahanan RI. (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengungkap rencana usai pensiun. Pria 70 tahun itu ingin mendirikan klub sepakbola, dinamai Nusantara United.

Niat Prabowo itu diungkapkan saat memberikan orasi ilmiah dalam acara Wisuda Universitas Pancasila di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. Acara itu berlangsung, Selasa (7/6/2022) siang WIB.

Prabowo membahas kekuatan nasiona. Pada poin 'will', Prabowo membahas mengenai sepakbola, mimpi Indonesia ke Piala Dunia, membangun sebuah klub.

Pendiri partai Gerindra itu menilai bahwa sepakbola mempunyai gengsi lebih dari sekadar olahraga. Oleh karena itu, dia ingin berkecimpung di industri sepakbola nasional, untuk menunjukkan kehendak baik membangun sepakbola nasional saat pensiun dari posisi menteri nanti.

"Apakah kita, tadi, bangsa yang acuh tak acuh, bangsa yang tidak peduli kalau sepakbola kalah. Sepakbola jangan dianggap hanya sekadar olahraga. Sepakbola adalah olahraga paling populer di dunia. Karena itu sepakbola adalah persaingan kehormatan bangsa-bangsa," kata Prabowo dalam orasinya

"Jadi saudara-saudara, masa tidak ada sih national will kita, Indonesia harus mampu masuk ke Piala Dunia. Itu harus ada kehendak, will, jangan anggap sepakbola biasa."

"Saya kalau pensiun Menteri Pertahanan, mungkin saya ingin mendirikan klub sepakbola. Namanya sudah ada, Nusantara United. Jadi itu tugas hidup saya yang masih mengganjal," kata Prabowo lalu disambut tepuk tangan orang-orang yang hadir dalam acara itu.

Prabowo sudah familiar dengan olahraga nasional. Dia tercatat sebagai ketua umum PB Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Dalam beberapa tahun terakhir, memang banyak pesohor yang masuk ke dalam industri sepakbola nasional. Raffi Ahmad mempunyai Rans Nusantara FC, Atta Halilintar merupakan pemilik FC Bekasi City, dan Prilly Latuconsina merupakan pemilik saham dari Persikota Tangerang.

Soal nama klub, Prabowo sepertinya harus mencari nama baru. Klub Liga 2 dari Yogyakarta sudah mendaftarkan diri ke PT Liga Indonesia Baru dengan nama Nusantara United FC. Klub itu dulunya bernama Mataram Utama.

(cas/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT