ADVERTISEMENT

Shin Tae-yong Bahas Yordania Vs Kuwait yang Pengaruhi Nasib Timnas

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 13 Jun 2022 16:08 WIB
Shin Tae-yong untuk pertama kalinya menggelar latihan bersama Timnas senior Indonesia. 30 pemain hadir dalam pemusatan latihan ini.
Shin Tae-yong. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Nasib Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023 turut bergantung ke hasil pertandingan lain. Shin Tae-yong pun menyinggung laga lain di Grup A yakni Yordania Vs Kuwait.

Timnas Indonesia bukan cuma harus menang atas Nepal di laga terakhir kualifikasi Piala Asia 2033, Rabu (15/6/2022). Skuad Garuda juga wajib menang besar plus berharap dengan hasil tim lain.

Skuad Garuda bisa saja menang melawan Nepal tapi tetap tak lolos ke Piala Asia. Itu bisa terjadi andaikan Timnas Indonesia mengalahkan Nepal dengan skor tipis, tapi di laga lain Kuwait menang besar atas Yordania.

Klasemen Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023Klasemen Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Foto: dok. AFC

Timnas Indonesia bisa menjadi runner-up Grup A jika mengalahkan Nepal, sementara Yordania mengalahkan Kuwait. Sehingga Yordania akan mengakhiri kualifikasi dengan 9 poin, sementara Timnas Indonesia 6 poin, atau di atas Kuwait dengan 3 angka.

"Terkait laga Yordania kontra Kuwait, tim mana pun yang mempunyai mental kuat, saya yakin tim itu yang akan menang," kata Shin Tae-yong saat memberikan keterangan pers.

"Kami sudah bermain melawan Kuwait dan Yordania. Mereka adalah tim yang sangat bagus. Yang akan memenangkan partai itu tergantung dengan seberapa siap para pemain ketika bertanding dan siapa yang lebih berhasrat menang," ujarnya menambahkan.

Bergantung Pula pada Hasil Grup Lain

Jika skenario di Grup A memihak ke Timnas Indonesia, itu juga masih belum cukup untuk meloloskan Garuda ke Piala Asia. Tim asuhan Shin Tae-yong juga harus berharap dengan para pesaing dari grup lain.

Dari 11 tiket tersisa ke Piala Asia, enam di antaranya akan didapatkan oleh keenam juara masing-masing grup. Lima tiket sisa diraih runner-up. Artinya ada 1 tim runner-up yang tersingkir.

Kebetulan Timnas Indonesia masih berada di urutan terbawah di antara tim-tim runner-up. Thailand, Kirgistan, dan India bahkan sudah meraih 6 poin karena menang di dua laga.

Lalu ada Filipina di urutan keempat dengan empat poin, dan Malaysia di tempat kelima dengan tiga angka tapi unggul selisih gol yakni 4-3 (+1). Timnas Indonesia harus berharap Filipina atau Malaysia tak menang pada laga terakhirnya, kalau tak bisa menang besar atas Nepal.

(krs/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT