ADVERTISEMENT

Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023, Ibul: Keberhasilan Bersama

Randy Prasatya - Sepakbola
Rabu, 15 Jun 2022 04:37 WIB
Jakarta -

Timnas Indonesia berhasil merebut tiket ke Piala Asia 2023. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menilai ini adalah keberhasilan kolektif kolegial.

Indonesia vs Nepal tersaji pada matchday ketiga Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. Indonesia memimpin 2-0 di babak pertama lewat gol Dimas Drajad dan Witan Sulaeman.

Babak kedua berjalan lebih mulus untuk Indonesia, terlebih Nepal sudah bermain dengan 10 orang saat tertinggal satu gol. Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott, Witan, dan Marselino Ferdinan menambah gol.

Iriawan menilai hasil manis ini bukanlah sukses akibat peran satu orang. Indonesia bisa merebut tiket ke Piala Asia 2023 berkat kerja apik dari setiap sektor.

"Alhamdulillah kita lolos ke Piala Asia 2023. Terima kasih kepada seluruh staf pelatih, pemain yang bermain luar biasa, suporter yang mendukung perjuangan pemain di Kuwait, doa semua warga negara Indonesia, dan dukungan Exco PSSI," ujar Iriawan yang dikutip dari situs resmi PSSI.

"Lolosnya Indonesia bukan karena jasa perorangan, tetapi karena kerja bersama-sama secara kolektif kolegial. Sekali lagi terima kasih semuanya," pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menegaskan.

Indonesia finis di posisi runner-up Grup A dengan enam poin. Pasukan Shin Tae-yong meraih tiket ke Piala Asia 2023 setelah mengambil slot dari posisi runner-up terbaik.

Indonesia terakhir tampil di Piala Asia pada 2007. Indonesia saat itu menjadi tuan rumah bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

(ran/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT