Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023: Tajam di Semua Lini

ADVERTISEMENT

Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023: Tajam di Semua Lini

Lucas Aditya - Sepakbola
Rabu, 15 Jun 2022 10:05 WIB
Pesepak bola Timnas Indonesia Rachmat Irianto (kedua kiri) berselebrasi dengan rekan-rekannya usai membobol gawang Timnas kuwait dalam laga perdana Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Jaber Al Ahmad, Kuwait, Rabu (8/6/2022). Indonesia menang dengan skor 2-1. ANTARA FOTO/Humas PSSI/app/YU
Timnas Indonesia produktif di semua lini di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Foto: ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta -

Timnas Indonesia menunjukkan performa yang oke di Kualifikasi Piala Asia 2023. Soal gol, tim Merah-Putih tajam di semua lini.

Indonesia lolos ke Piala Asia setelah 15 tahun. Kepastian itu didapat Skuad Garuda setelah membenamkan Nepal 7-0 saat bertanding di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait.

Dengan tambahan tiga poin ini, Indonesia mampu finis sebagai runner-up Grup Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan raihan enam poin. Tim asuhan Shin Tae-yong di bawah Yordania yang menyapu bersih kemenangan dengan raihan sembilan angka.

Indonesia mengawali langkah dengan mengalahkan Kuwait pada pertandingan pertama. Pada 8 Juni 2022, Indonesia ketinggalan lebih dulu sebelum menang 2-1.

Setelah kalah 0-1 dari Yordania, Indonesia bangkit sekaligus mengunci status salah satu runner-up grup terbaik. Nepal yang menjadi tumbal kemenangan Indonesia untuk lolos ke Piala Asia 2023.

Di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Indonesia menjadi tim paling produktif. Indonesia mampu mencatatkan sembilan gol atau rata-rata tiga gol setiap pertandingan.

Rincian gol Indonesia setiap lini, barisan bek bisa tiga kali membobol gawang lawan. Rachmat Irianto, Fachruddin Aryanto, dan Elkan Baggott yang menyumbangkan gol untuk Indonesia.

Lini tengah menyumbangkan dua gol. Marc Klok dan Marselino Ferdinand yang mampu mencatatkan namanya di papan skor.

Barisan depan menyumbang empat gol. Witan Sulaeman menjadi top scorer dengan sumbangan dua gol. Sementara dua gol lainnya tercatat atas nama Dimas Drajad dan Saddil Ramdani.

Indonesia dicatat oleh situs Lapangbola mampu membukukan 17 shot on target dalam tiga pertandingan. Artinya, rata-rata Indonesia membukukan lebih dari 5 tembakan tepat sasaran saat berlaga di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Soal operan, Indonesia mampu melepaskan total umpan sebanyak 954 operan atau rata-rata 318 di setiap pertandingan.

Satu yang mesti ditingkatkan Indonesia di lini pertahanan. Dalam tiga laga, Indonesia kebobolan dua kali, cuma ada satu clean sheet saat melawan Nepal.



Simak Video "Suporter Ngadu ke Komnas HAM: Kami Selama Ini Cuma Diambil Keuntungan"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)

ADVERTISEMENT