ADVERTISEMENT

PSSI Berharap 6 Venue Piala Dunia U-20 Tetap Bisa Dipakai

Randy Prasatya - Sepakbola
Jumat, 24 Jun 2022 18:45 WIB
FIFA telah melakukan inspeksi lanjutan ke calon venue Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.
FIFA saat melakukan inspeksi calon venue Piala Dunia U-20. (Foto: dok. PSSI)
Jakarta -

FIFA telah melakukan inspeksi lanjutan ke calon venue Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berharap enam venue tetap bisa dipakai.

Kunjungan inspeksi oleh delegasi FIFA ini sebagai penanda dimulainya persiapan penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20 2023 di Indonesia. FIFA sebetulnya sudah ingin melakukan inspeksi pada 2021, namun tertunda akibat pandemi covid-19.

FIFA kemudian baru bisa melakukan inspeksi pada 8-17 Juni 2022. Federasi sepakbola dunia itu mengecek kesiapan stadion, lapangan latihan, dan hotel pada enam kota di Indonesia.

"FIFA sudah kembali, kemarin ada acara dinner. Pada prinsipnya kami meminta agar enam venue tetap dipakai, dilihat dari FIFA memang ada yang masih kurang karena selama setahun lebih tidak terawat. Oleh sebab itu, pasti akan diperbaiki kembali," kata Iriawan di Stadion Madya.

Sedari awal, enam stadion yang diyakini bakal menggelar Piala Dunia I-20 adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar).

Ada potensi hanya empat stadion yang bakal dipakai. Hal itu merujuk dari pertimbangan FIFA, namun PSSI ingin enam venue yang dipakai.

"Catatannya sudah ada di kesekjenan, yang jelas kami siap dan kami minta agar enam venue tersebut bisa dipakai dengan segala kekurangan yang harus kami penuhi," pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menjelaskan.

"Contoh di Surabaya itu sebelahnya ada sampah. Nah, FIFA bilang ini tidak boleh. Jadi kami akan cari solusi, yang jelas Pemda juga harus merespons apakah sementara pindah dulu tempat sampah itu, kan masih ada waktu."

"Lainnya juga demikian, stadion lain banyak yang harus direnovasi kembali. Ini akan segera kami laporkan ke pemerintah karena venue itu adalah pemerintah yang tanggung jawab. FIFA juga menyampaikan semua yang menyelenggarakan federasi, pemerintah mendukung kita. Jadi untuk urusan teknik federasi, pssi yang melaksanakan," Iriawan menegaskan.



Simak Video "Diajak Ngopi Iwan Bule, Bintang Emon: Kaget Tapi Lets Go!"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT