Iwan Bule Beri Update Investigasi Tewasnya Dua Bobotoh di GBLA

ADVERTISEMENT

Iwan Bule Beri Update Investigasi Tewasnya Dua Bobotoh di GBLA

Afif Farhan - Sepakbola
Jumat, 24 Jun 2022 15:00 WIB
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan
Ketum PSSI Mochamad Iriawan. (Foto: Bima Bagaskara/detikJabar)
Jakarta -

Mochamad Iriawan sampaikan update terbaru penyelidikan PSSI terkait tewasnya dua suporter Persib di Stadion GBLA. Apa itu?

Pertandingan Persib Bandung vs Persebaya Surabaya di Stadion GBLA dalam ajang Piala Presiden 2022 di Stadion GBLA, Jumat (17/6/2022), menghadirkan petaka. Dua Bobotoh, sebutan fans tuan rumah, meninggal dunia.

Penyebab kejadian itu disinyalir karena berdesakan, saat berusaha masuk ke dalam stadion. Sempat dibawa ke rumah sakit, dua fans yang berasal dari Bogor dan Bandung itu meregang nyawa.

Ditemui awak media di Lapangan Madya, Jakarta, Kamis (23/6) malam WIB, Ketum PSSI Mochamad Iriawan memberikan kabar terbaru terkait investigasi PSSI atas peristiwa di GBLA. Menurutnya, investigasi sudah selesai.

"Tim sudah selesai, tapi mungkin lebih afdol langsung Pak Erwin Tobing (Ketua Komdis-red) yang menyampaikan. Tapi bocorannya kira kira, memang stadion GBLA itu belum siap untuk dilaksanakan dengan penonton, seperti pagarnya, dan lain-lain," terangnya.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menyebutkan, dirinya sudah meminta Komdis PSSI untuk merilis hasil investigasi. Namun yang pasti, pagar di Stadion GBLA dinilai tidak permanen sehingga penonton yang membludak dapat menerobosnya.

"Tapi yang jelas pagar-pagarnya itu yang enggak permanen sehingga bisa dicabut dan penonton bisa datang. Kalau SJH atau GBK kan tidak, seperti Manahan kita lihat pagar mengelilingi sehingga penonton tak bertiket tak bisa masuk," jelasnya.

"Jadi itu hasil investigasi yang melapor ke saya. Saya bilang ke Erwin untuk segera rilis dan disampaikan ke publik. Lebih afdol memang langsung beliau karena dia yang turun ke lapangan, sudah mendetail dan berkomunikasi dengan pihak kepolisian, pemda setempat dan juga melihat bagaimana kondisi stadion GBLA," tutupnya.

(aff/ran)

ADVERTISEMENT