ADVERTISEMENT

Ronaldinho di Indonesia: dari Makan Pangsit sampai Kalah Adu Penalti

Yanu Arifin - Sepakbola
Senin, 27 Jun 2022 10:15 WIB
Ronaldinho tampil dalam duel RANS Nusantara melawan Persik Kediri di ajang Trofeo Ronaldinho pada Minggu (26/6) malam. Legenda Brasil itu bermain membela RANS.
Aksi Ronaldinho (kiri) saat membela RANS Nusantara FC melawan Persik Kediri. (Foto: ANTARA FOTO/Rizal Hanafi)
Jakarta -

Ronaldinho, legenda sepakbola Brasil, jauh-jauh datang ke Indonesia. Ia punya beragam kegiatan, dari makan pangsit sampai bertanding dan kalah adu penalti.

Ronaldinho datang ke Indonesia atas inisiasi RANS Nusantara FC, klub milik Raffi Ahmad dan pengusaha Rudy Salim. Eks penggawa tim papan atas seperti Paris Saint-Germain, Barcelona, AC Milan itu didatangkan sebagai bintang di ajang trofeo di Malang.

Ronaldinho datang sejak Jumat (24/6/2022), dan langsung disambut gegap gempita. Fans sepakbola memburunya sejak di bandara, sekadar ingin melihat langsung pemain yang membuat gol tendangan bebas paling ikonik ke gawang Inggris di Piala Dunia 2002 itu.

Mantan pesepak bola dunia asal Brasil Ronaldinho berada di dalam mobil yang akan membawanya beristirahat setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/6/2022). Legenda sepak bola Brasil ini nantinya akan memperkuat RANS Nusantara FC pada laga trofeo menghadapi Arema FC dan Persik Kediri, Minggu (26/6). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.Ronaldinho datang ke Indonesia, tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat (24/6/2022). Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL

Ronaldinho sendiri menjadi bintang dalam acara peluncuran jersey RANS Nusantara FC, yang akan dipakai di ajang Liga 1 2022/2023. Tak ada sesi tanya jawab untuk pewarta di sesi itu.

Sehari setelahnya, Ronaldinho melakoni beragam aktivitas. Pemain yang disebut-sebut menjadi 'guru' Lionel Messi itu sempat terekam main ke kediaman Raffi Ahmad.

Ronaldinho di Indonesia, Jumat (24/6/2022)Ronaldinho di acara peluncuran jersey RANS Nusantara FC. Foto: Randy Prasatya/detikcom

Di sana, Ronaldinho terlihat mencicipi makanan Indonesia. Salah satunya adalah pangsit, yang disebutnya, "sangat enak," katanya, dalam video yang diunggah Raffi Ahmad.

Kemudian, Ronaldinho juga menjadi bintang dalam sesi coaching clinic di Malang. Terlihat peraih Ballon d'Or 2005 itu mengajari anak-anak kecil Indonesia bermain sepakbola dengan benar.

Sampai akhirnya, kegiatan puncak dilakukan Ronaldinho. Ia bermain di laga Trofeo di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (26/6/2022.

Ronaldinho dimainkan RANS Nusantara saat melawan Persik Kediri. Di laga itu, Ronaldinho bermain 30 menit dan mengenakan jersey bernomor 10. Namun, RANS Nusantara FC kalah di laga tersebut, yakni lewat adu penalti 2-4, setelah berimbang tanpa gol dengan Persik selama 30 menit.

Trofeo kemudian akhirnya dimenangkan Persik Kediri. Sebab, Singo Putih kembali menang di laga kedua saat melawan Arema, lagi-lagi lewat adu penalti, dengan skor 5-4.

Dan laga terakhir yang mempertemukan Arema vs RANS juga berakhir dengan adu penalti, di mana Arema menang 4-2. RANS tak memainkan Ronaldinho di laga kedua.

Ronaldinho tampil dalam duel RANS Nusantara melawan Persik Kediri di ajang Trofeo Ronaldinho pada Minggu (26/6) malam. Legenda Brasil itu bermain membela RANS.Aksi Ronaldinho di laga Persik Kediri vs RANS Nusantara Foto: ANTARA FOTO/Rizal Hanafi

Usai laga, Ronaldinho menjadi daya tarik bagi pemain Indonesia. Pemain yang dikenal punya gocekan indah semasa berkarier itu langsung menjadi buruan swafoto para pemain di lapangan.

Magi Ronaldinho, yang kini sudah berusia 42 tahun, masih terlihat di lapangan Indonesia. Gocekannya masih bisa mengelabui para pemain Indonesia, dan beberapa kali membuat senyum khas yang melegenda itu.

Ronaldinho tampil dalam duel RANS Nusantara melawan Persik Kediri di ajang Trofeo Ronaldinho pada Minggu (26/6) malam. Legenda Brasil itu bermain membela RANS.Pemain Indonesia mengajak Ronaldinho melakukan swafoto usai pertandingan. Foto: ANTARA FOTO/Rizal Hanafi

Raffi Ahmad, selebritis selaku pemilik RANS Nusantara, menilai kedatangan Ronaldinho diharapkan mendongkrak animo penonton di stadion.

"Kami kemarin tidak ada penonton. Semoga dengan hadirnya Ronaldinho menambah antusias di Liga 1, penonton lebih banyak lagi dengan prokes dan keamanan. Jadi, dengan hadirnya Ronaldinho ingin gairahkan sepakbola Indonesia," kata Raffi.

Adios, Ronaldinho.

(yna/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT