ADVERTISEMENT

Profil Hokky Caraka, Pencetak 4 Gol Garuda Muda Saat Lumat Brunei

Lucas Aditya - Sepakbola
Selasa, 05 Jul 2022 11:00 WIB
Pesepak bola Tim Nasional Indonesia U-19 Hokky Caraka (kedua kanan) berselebrasi dengan rekannya, Kakang Rudianto (tengah) usai membobol gawang Tim Nasional Brunei Darussalam U-19 dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/7/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Hokky Caraka si pencetak empat gol ke gawang Brunei Darussalam di Piala AFF U-19 2022. (Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Jakarta -

Hokky Caraka menjadi bintang kemenangan Timnas Indonesia U-19 saat melawan Timnas Brunei Darussalam. Ada usaha keras dari pemain asal Gunung Kidul itu sampai jadi pemain nomor 9 yang andal.

Indonesia memetik kemenangan 7-0 atas Brunei dalam laga lanjutan Grup A Piala AFF U-19 2022. Kemenangan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/7/2022) merupakan tiga poin pertama Garuda Muda di ajang Piala AFF U-19 2022, sebelumnya seri 0-0 dengan Vietnam.

Indonesia unggul cepat saat melawan Brunei. Hokky Caraka mencetak gol pada menit kedua meneruskan umpan dari Kakang Rudiyanto.

Di sisa babak pertama Indonesia mencetak lima gol tambahan. Hokky mencetak tiga gol lagi. Dua gol lainnya tercatat atas nama Ronaldo Kwateh dan Arkhan Fikri. Indonesia cuma bisa menambah satu gol lagi di babak kedua dengan gol dari Alfriyanto Nico.

Bisa menjadi andalan lini depan Timnas U-19 menjadi buah dari usaha keras Hokky Caraka. Pemain asal Gunung Kidul, Yogyakarta itu sudah menekuni sepakbola sejak usia 12 tahun.

"Saya sejak umur sekitar 12 tahun atau kelas 3 SD sudah bermain sepakbola karena ada salah satu teman saya bermain bola, dia berprestasi terus mendapatkan penghargaan-penghargaan di sekolah. Saya mulai tertarik di situ karena dulu mikirnya anak ini sering bolos, tapi bolosnya kan gak bolos nakal. Tapi bolosnya dia mendapat penghargaan," kata Hokky di PSSI TV.

Karena keterbatasan ekonomi, Hokky mengaku menempa diri dengan penuh keterbatasan. Pemain PSS Sleman itu mengungkap pernah sampai meminjam peralatan olahraga, juga puasa saat menempuh perjalanan jauh dari rumahnya di timur Yogyakarta ke tempat latihan.

"Itu pas sudah mulai tekun, sebelum mendapat prestasi. Perjalanan di atas 60 kilo. Diantar bolak-balik, 60 kilo berangkat, 60 kilo balik itu setiap hari. Kadang kalau pagi itu berangkat subuh, berangkat jam 2. Kadang tidak makan di jalan, peralatan dipinjami. Soalnya ekonomi susah kan. Semoga dari itu saya bisa termotivasi buat diri saya sendiri," kata Hokky.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT