Klasemen Piala AFF U-19: Indonesia Tersingkir Gegara Head to Head

ADVERTISEMENT

Klasemen Piala AFF U-19: Indonesia Tersingkir Gegara Head to Head

Putra Rusdi K - Sepakbola
Minggu, 10 Jul 2022 22:31 WIB
Sejumlah pemain Timnas Indonesia U-19 menyapa suporter di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (10/7/2022). Meski Garuda Muda menang 5-1 namun tak dapat membawanya ke babak berikutnya.
Klasemen Grup A Piala AFF U-19 (Foto: detik.com/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Timnas Indonesia U-19 gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Garuda Muda di urutan ketiga klasemen Grup A kalah head to head dari Vietnam dan Thailand.

Indonesia mampu membantai Myanmar 5-1 dalam laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022) malam WIB. Myanmar sempat mampu unggul lebih dulu lewat La Min Htwe.

Indonesia kemudian mampu bangkit. Mereka menggelontorkan lima gol dari brace Muhammad Ferrari, serta masing-masing satu gol dari Arkhan Fikri, Rabbani Tasnim, dan Ronaldo Kwateh.

Namun, kemenangan meyakinkan ini tak cukup membawa Indonesia ke babak semifinal. Hal ini terjadi karena di saat bersamaan Vietnam vs Thailand yang berlangsung di Stadion Madya, Senayan, berakhir imbang 1-1.

Thailand membuka keunggulan dari Kreokphon Arbran pada menit ke-71. The Golden Stars hanya butuh enam menit berselang untuk membalas dari Khuat Van Khang.

Hasil tersebut bikin Vietnam, Thailand, dan Indonesia punya poin yang sama yaitu 11. Vietnam dan Thailand yang berhak ke babak semifinal usai berada di peringkat pertama dan kedua. Mereka memiliki keunggulan head to head dari Indonesia.

Aturan dari kompetisi ini, jika ada lebih dari dua tim punya poin sama maka akan dibuat klasemen mini. Head to head jadi penentu terlebih dulu baru kemudian selisih gol.

Indonesia dalam klasemen mini berada di bawah Vietnam dan Thailand. Ini karena pada laga melawan Vietnam dan Thailand pasukan Shin Tae-yong menuntaskan laga dengan skor serupa 0-0.

Vietnam dan Thailand secara head to head unggul dari Indonesia karena punya produktivitas gol lebih baik berkat hasil imbang 1-1 di laga terakhir. Andai kata Vietnam vs Thailand berakhir imbang 0-0, Indonesia bakal lolos ke semifinal didampingi Vietnam.

Pasalnya, secara head to head ketiga negara ini sama dan selisih gol yang bakal dilihat pada klasemen mini. Indonesia unggul secara selisih gol dengan surplus 15. Sementara Vietnam punya selisih gol hanya plus 9 dan Thailand lebih buruk dengan plus 6.

Klasemen Grup A Piala AFF U-19

NegaraMenangSeriKalahSelisih GolPoin
Vietnam320+911
Thailand320+611
Indonesia320+1511
Myanmar32006
Filipina104-53
Brunei Darussalam000-230
(pur/ran)