ADVERTISEMENT

Menpora Lepas Tim IJSL ke Turnamen Bola Remaja Gothia Cup 2022

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 13 Jul 2022 03:00 WIB
Menpora Zainudin Amali melepas Tim Indonesia Junior Soccer League (IJSL) 2022 yang akan mengikuti turnamen sepakbola remaja internasional, Gothia Cup 2022.
Foto: Muhammad Robbani/detikcom
Jakarta -

Tim Indonesia Junior Soccer League (IJSL) 2022 akan mengikuti turnamen sepakbola remaja internasional, Gothia Cup 2022. Mereka dilepas Menpora Zainudin Amali.

Pelepasan tim IJSL ke Gothia Cup 2022 digelar di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (12/7/2022). Menpora menegaskan dukungan Kemenpora dalam pembinaan talenta sepakbola usia dini seperti yang dilakukan IJSL.

Menpora Amali kemudian menjelaskan, saat ini telah ada dua payung hukum untuk sepak bola di antaranya Instruksi Presiden (Inpres) No 3 Tahun 2019 tentang Pembangunan Percepatan Sepak Bola Nasional dan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Karena pembinaan usia-usia sekarang ini seperti dilaporkan ketua tim menjadi konsen dari pemerintah, agar kita negara yang berpenduduk 270 juta lebih tidak akan kehilangan talenta-talenta. Dan, suatu saat kalian (tim IJSL) akan menjadi bagian dari tim nasional. Tentu harapan kita tidak sekadar mengikuti Gothia Cup," kata Amali.

"Menpora Amali berharap tim Indonesia mampu meraih juara pada laga ini, seperti yang telah dilakukannya pada tahun 2018-2019 lalu. "Seperti yang dilaporkan oleh ketua tim, tahun 2018- 2019 kita bisa mendapatkan hasil yang baik, prestasi yang baik, tentu harapan kita tahun 2022 juga tim Indonesia akan keluar sebagai juara," ujarnya.

Sementara itu, CEO sekaligus Ketua Tim Indonesia Junior Soccer League (IJSL), Novend Hippy Gothia Cup 2022 di Swedia pihaknya akan memberangkatkan 24 total tim yang terdiri dari 15 pemain kelompok usia 12 tahun, dua pelatih dan tujuh ofisial.

Menpora Zainudin Amali melepas Tim Indonesia Junior Soccer League (IJSL) 2022 yang akan mengikuti turnamen sepakbola remaja internasional, Gothia Cup 2022.Menpora Zainudin Amali melepas Tim Indonesia Junior Soccer League (IJSL) 2022 yang akan mengikuti turnamen sepakbola remaja internasional, Gothia Cup 2022. Foto: Muhammad Robbani/detikcom

Tim IJSL akan terbang menuju Swedia hari Rabu, 13 Juli, dan akan kembali ke tanah air pada 26 Juli nanti.

"Tim IJSL ini terdiri dari pemain-pemain yang berusia 11 hingga 12 tahun hasil seleksi dari sekitar seribu lebih pemain muda dan berlangsung selama empat bulan yaitu dari Februari sampai dengan Juni 2022," katanya.

Tim IJSL akan berkompetisi dengan 105 tim lainnya dari 15 negara. Mereka masuk dalam Grup F bersama tiga tim lainnya yakni satu tim dari Jerman, dan dua tim tuan rumah dari Swedia.

Menurut Novend, menghadapi turnamen ini pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan selama satu bulan, termasuk pemusatan latihan selama empat hari. Gothia Cup akan berlangsung pada 17-23 Juli.

"Tim IJSL ini terdiri dari pemain-pemain yang berusia 11 hingga 12 tahun hasil seleksi dari sekitar seribu lebih pemain muda dan berlangsung selama empat bulan yaitu dari Februari sampai dengan Juni 2022," tutur Ketua Tim IJSL Novend Hippy.

"Persiapan mencakup latihan fisik mental dan juga pemantapan strategi pertandingan sehingga diharapkan dengan persiapan yang matang tersebut kami dapat mengulangi prestasi tim sebelumnya pada 2018 dan 2019 yang menjadi juara pertama," ucapnya.

(krs/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT