ADVERTISEMENT

ASIOP Gelar Turnamen Internasional Usia Muda, Garuda International Cup

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 28 Jun 2022 17:40 WIB
Garuda International Cup
ASIOP menggelar turnamen Garuda International Cup 2022. (Foto: detikcom/Muhammad Robbani)
Jakarta -

Sekolah Sepakbola ASIOP akan menggelar turnamen usia muda internasional kategori U-12 dan U-17. Pesertanya berjumlah 32 tim dari lima negara ASEAN.

Tim-tim ASEAN akan tampil dalam turnamen sepakbola Internasional bertajuk Transtama - Garuda International Cup (GIC) 2 2022. Turnamen Transtama-Garuda International Cup 2 (Transtama-GIC 2) akan segera dilangsungkan di ASIOP Training Ground, Sentul, pada 30 Juni hingga 3 Juli mendatang.

Panitia penyelenggara Transtama-GIC 2 berharap turnamen ini bisa menjadi program kebanggaan Indonesia. GIC merupakan kelanjutan turnamen yang pernah diselenggarakan di Bandung pada 2015 silam.

Pada edisi pertama, turnamen GIC hanya diikuti akademi-akademi terbaik dari tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Namun dalam turnamen Transtama-GIC 2 ini dipastikan bakal berlangsung lebih spesial karena akan diikuti lima negara ASEAN yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Filipina.

Ketua Panitia GIC 2, Runie Virgiani yakin Transtama-GIC 2 yang mengusung tagline 'The Season Is Coming, Lets Have Fun' akan menjadi program yang bisa membanggakan Indonesia.

"Kami mau membuktikan bahwa Indonesia juga bisa dan mampu membuat turnamen berskala internasional yang berkualitas seperti yang banyak dilakukan negara-negara lain di luar negeri, seperti Singa Cup, JSSL, ANZA Cup, Gothia Cup, atau Iber Cup," ucap Runie di ASIOP Training Ground (ATG), Sentul, Senin (27/6/2022).

"Kami ingin Indonesia itu punya turnamen usia muda yang besar dan menjadi kebanggaan untuk Indonesia di mata dunia tentunya dengan mengangkat ikon kita yaitu Garuda Cup," ujarnya.

Turnamen GIC 2 2022 akan diikuti total 32 tim yang terbagi dari 16 tim di U-12 dan 16 tim di U-17. Tim-tim yang akan ambil bagian di kategori U-12 antaranya yaitu ASIOP, PSIS Development, Akademi Persib, Elang Mas Sriwijaya, Best FC Malaysia, AUFC Malaysia, dan Next Bali Generation.

Sementara untuk peserta usia 17 tahun di antaranya ASIOP, FABD Brunei, SID FC Kelantan Malaysia, ASIFA, Safin Pati, Sulut United, Woodlands Warriors FC Singapura, Central Visayas Filipina, dan Timnas Pelajar BLISPI.

Sementara itu Steering Committee (SC) Transtama-GIC 2, Novema Andryani berharap turnamen GIC 2 bisa membangkitkan kembali energi dan gairah sepak bola Indonesia setelah hampir tiga tahun dilanda pandemi COVID-19.

"Harapannya Transtama-GIC 2 ini bisa membangkitkan kembali gairah sepak bola Indonesia. Apalagi, kami juga punya tagline yang menarik di Transtama-GIC 2 ini yaitu 'The Season Is Coming, Let's Have Fun'." tutur Novema.

"Artinya, ini saatnya kita bangkit. Sepak bola Indonesia harus kembali bergairah dan kita semua siap untuk kembali ke normal," kata Novema Andryani.

Vema, sapaan akrab Novema, juga yakin turnamen ini akan semakin menarik karena panitia Transtama-GIC 2 akan mengemas turnamen ini dengan memadukan unsur sport dan hiburan.

Turnamen Transtama-GIC 2 ini semakin menarik karena kami mengemas turnamen ini dengan memadukan unsur sport dan hiburan. Jadi nanti di venue ini akan terdapat banyak games-games yang menarik untuk dimainkan.

Selain itu nanti pengunjung juga akan dihibur dengan penampilan band dan DJ, kemudian juga ada bazar. Serta, saat bersamaan kami juga akan menyelenggarakan dance competition yang diikuti beberapa SMA dari kawasan Jabodetabek.

Turnamen Transtama-GIC 2 ini tentunya dapat terlaksana berkat dukungan para sponsor, salah satunya Transtama Logistics yang menjadi sponsor utama event ini. Board of Directors PT Transtama Logistics, Elen Bundiyanto mengatakan pihaknya mendukung turnamen ini karena menyadari Indonesia memiliki banyak talenta pesepakbola usia muda yang harus terus mendapatkan wadah untuk berkompetisi.

"Alhamdulillah dengan adanya tim-tim terbaik ASEAN yang akan bertanding di sini pastinya akan sangat menjanjikan turnamen yang seru. Ini menunjukkan optimisme dalam dunia olahraga dan akan berlangsung sangat baik," kata Elen.

Peserta Transtama-GIC 2

Kelompok U-17
Grup A: FABD-2 (Brunei), ASIOP Merah, SID Kelantan (Malaysia), Fatto Zapelo
Grup B: Tuah SSN SMK Seri Kota (Malaysia), Elang Emas Sriwijaya, FABD-1 (Brunei), ASIFA
Grup C: Bintang Gombak (Malaysia), Sulut United, Jebat SSN SMK Seri Kota (Malaysia), Timnas Pelajar BLISPI
Grup D: Woodlands Warriors FC (Singapura), Safin Pati FA, Centra Visayas FA (Filipina), ASIOP Biru

Kelompok U-12
Grup A: Elang Emas Sriwijaya, Next Bali Generation, AUFC (Malaysia), ASIOP Merah
Grup B: Best FC (Malaysia), ASIOP Biru, PSIS Development, One More International
Grup C: Farmel, Skylima, CS Private, Alba FC
Grup D: Akademi Persib Karawang, Raga Negeri FA, Erlangga FA, Jakarta Academy Soccer

(cas/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT