ADVERTISEMENT

PSSI Condong Pilih Belanda Jadi Lokasi TC Timnas U-19

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 20 Jul 2022 19:15 WIB
Pelatih kepala Shin Tae-Yong (tengah) bersama sejumlah pesepak bola Tim Nasional Indonesia U-19 menyapa suporter usai pertandingan melawan tim Nasional Myanmar U-19  (kanan) dalam laga penyisihan Grup Piala AFF U19 2022 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (10/7/2022). Indonesia menang 5-1 dan gagal melaju ke semifinal piala AFF U19. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp.
Timnas Indonesia U-19 direncanakan berlatih di Belanda. (Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)
Jakarta -

PSSI condong memilih Belanda sebagai lokasi pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19. Garuda Nusantara akan mengasah diri lagi menjelang Piala Dunia U-20 2023.

TC Timnas U-19 direncanakan di Eropa, dengan tiga negara sedang dibidik. Ada Belanda, Spanyol, dan Portugal, yang tengah dipertimbangkan.

Dari tiga opsi itu, Belanda menjadi kandidat terkuat untuk dipilih. Sebab, Pelatih Timnas U-19 Shin Tae-yong juga mau melihat dan bertemu para pemain keturunan Indonesia di sana.

Sampai saat ini Timnas U-19 belum memastikan pemain keturunan yang akan memperkuat tim. Tiga pemain sempat dicoba, yakni Kai Boham, Jim Croque, dan Max Christoffel.

Tapi kemampuan ketiganya tidak memuaskan Shin Tae-yong karena dianggap di bawah ekspektasi. Pada akhirnya para pemain keturunan yang sempat dicoba pada Bulan Juni itu akhirnya dipulangkan ke Belanda.

"Kami sedang memilih, apakah Spanyol, Portugal, atau Belanda. Kenapa ke Belanda? Karena dari pengajuan STY kan pemain keturunan itu di Belanda semua," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, kepada wartawan.

"Ini akan dibahas dalam rapat ya, sebelum pulang Shin Tae-yong akan rapat. Belanda mungkin akan dipilih supaya STY akan melihat pemain-pemain yang akan diambil, bukan pemain ke sini. Kami latihan di sana dengan tim-tim kuat," ujarnya menambahkan.

Rencananya TC di Eropa akan digelar pada Bulan September atau setelah Kualifikasi Piala Asia U-19 2023. Timnas U-19 kebetulan akan menjadi tuan rumah kualifikasi yang akan digelar pada 10 - 18 September mendatang.

Sebelum sibuk dengan berbagai agenda itu, Shin Tae-yong akan pulang kampung dulu. Sebelumnya PSSI menyatakan memberikan sang pelatih cuti selama sebulan di Korea.

"STY jangan lama-lama di Korea, nanti bisa lupa dia. Sebulan di sana liburan. Dia liburan itu 10 hari kerja di luar Sabtu & Minggu, dia programnya padat, jadi tak ada libur lagi dia (setelahnya)," ucap Iriawan.

Persiapan serius akan Timnas U-19 demi berprestasi di Piala Dunia U-20 tahun depan. Hal serupa juga pernah dilakukan Timnas U-19 era Pratama Arhan Cs yang menghabiskan latihan di Eropa, dengan Kroasia sebagai lokasinya.

(cas/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT