ADVERTISEMENT

Stadion JIS Belum Bisa Gelar Pertandingan Liga 1, Kenapa?

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 25 Jul 2022 12:40 WIB
Acara Grand Launching Jakarta International Stadium (JIS) diselenggarakan sore ini. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan nampak sudah tiba di lokasi, Minggu, 24/7/2022
Stadion JIS Belum Bisa Gelar Pertandingan Liga 1, Kenapa? (Foto: Rifkianto Nugroho/detikSport
Jakarta -

Stadion JIS dan lima stadion lain dinilai belum memenuhi syarat verifikasi PT Liga Indonesia Baru (LIB). Beberapa hal mesti diperbaiki untuk menggelar laga.

PT LIB menyebut ada enam stadion yang diajukan klub Liga 1, tapi belum memenuhi syarat untuk menggelar laga. Lima stadion lainnya adalah Stadion BJ Habibie (Pare-Pare), Stadion Demang Lehman (Martapura), Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Indomilk Arena (Tangerang) dan Stadion Brawijaya (Kediri).

Jakarta International Stadium atau Stadion JIS, sebenarnya catatannya cuma minor, yakni harus bisa dipastikan alur keluar/masuk orang ke/keluar stadion.

Sementara beberapa stadion lainnya punya catatan berbeda, misalnya lampu kurang terang. Catatan-catatan itu didapat PT LIB seusai melakukan inspeksi langsung.

"Sekali lagi, inspeksi bukan berarti stadion langsung bisa digunakan untuk pertandingan Liga 1 2022/2023 dalam waktu dekat ini. Semua akan diperiksa secara terperinci terlebih dulu," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita, dalam keterangan resminya.

"Jika ada yang kurang, akan selalu kami komunikasikan secara intensif dengan klub. Dalam hal ini, ada yang harus segera dibenahi. Dengan begitu, pada akhirnya semua stadion bisa pada standar yang sama," ujarnya menambahkan.

Lukita menjelaskan bahwa secara umum, kondisi lapangan di sebagian besar stadion yang didaftarkan untuk pertandingan Liga 1 sudah memenuhi persyaratan. Tapi ada hal-hal lain yang harus juga dijadikan pertimbangan untuk segera dilakukan perbaikan.

Tapi selama belum ada perbaikan, PT LIB belum bisa memberikan izin klub bermain di enam stadion itu. Klub atau pengelola stadion mesti ngebut melakukan perbaikan untuk bisa berkandang di tempat idaman.

"Stadion BJ Habibie dan Stadion Brawijaya yang harus dibenahi kapasitas lampunya. Stadion Jatidiri perlu pengaturan lahan parkir yang lebih luas dan tertata," tutur Lukita.

"Sedangkan di Jakarta International Stadium (JIS), akses dan kenyamanan pemain saat keluar masuk stadion juga harus dibenahi. Begitu juga aspek keamanan dan pengaturan manajemen flow fans saat masuk dan keluar stadion," ucapnya.

(aff/cas)

ADVERTISEMENT