PT Jakpro: Persija Sudah Deal Gunakan Stadion JIS

ADVERTISEMENT

PT Jakpro: Persija Sudah Deal Gunakan Stadion JIS

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 28 Jun 2022 16:30 WIB
Malam puncak Jakarta Hajatan ke-495 akan diselenggarakan pada 25 Juni 2022 di Jakarta International Stadium. Sederet bintang tamu turut memeriahkan acara ini.
Persija Jakarta sudah sepakat dengan PT Jakarta Propertindo untuk gunakan JIS di Liga 1 2022. (Foto: detikcom/Pradita Utama)
Jakarta -

Pengelola Jakarta International Stadium (JIS) PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menyatakan sudah menemui kesepakatan dengan Persija Jakarta soal penggunaan stadion.

"Secara prinsip stadion kita bisa untuk homebase beberapa kesebelasan. Kalau persija sudah MoU, kami sudah bertukar draft," Direktur Bisnis PT Jakpro Gunung Kartiko dalam rapat dengan Komisi E DPRD DKI Jakarta, Selasa (28/6).

Sesuai dengan kabar yang beredar sebelumnya, Persija tak akan mainkan semua laganya di Stadion JIS. Stadion Patriot Chandrabhaga di Bekasi juga didaftarkan Persija ke PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Persija hanya akan menggelar laga di Stadion JIS jika diminati orang banyak, seperti melawan Persib Bandung, Arema FC, hingga Persebaya Surabaya. Selebihnya, laga-laga Persija lainnya dimainkan di Stadion Patriot.

"Akhirnya diputuskan dengan mereka untuk pertandingan yang memang venue membutuhkan besar itu akan di JIS tapi untuk pertandingan kesebelasan yang tidak menghasilkan penonton yang banyak mereka akan menggunakan Stadion Patriot," ujar Gunung Kartiko.

Skema seperti itu sudah diterapkan Persija sejak musim-musim sebelumnya. Sebelum ada Stadion JIS, Macan Kemayoran juga berkandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dan Stadion Patriot.

Sama seperti Stadion JIS, SUGBK juga hanya digunakan untuk partai-partai besar saja. Sementara laga melawan Persela Lamongan atau Borneo FC digelar di Stadion Patriot.

Maklum, kedua stadion menerapkan biaya sewa yang berbeda. SUGBK atau Stadion JIS jelas lebih mahal dibanding Stadion Patriot.

Kalau penontonnya di bawah 40 ribu, malah rugi buat Persija jika bermain di SUGBK atau Stadion JIS. Untung ada Stadion Patriot yang bisa mereka jadikan kandang kedua.

"Jadi MoU jangka panjang. Di dalam MoU tersebut dituliskan masih draft ya. Penandatanganan dalam waktu dekat. PT LIB itu kemarin sudah visit apa yang harus kami lengkapi sesuai dengan standar LIB," tutur Gunung Kartiko.

"Jadi tidak semua akan di JIS karena terlalu besar dan biayanya terlalu berat untuk mereka (Persija). Jadi mereka menetapkan patriot untuk pertandingan kesebelasan yang tidak cukup besar. Persija masih akan bayar sewa," ucapnya.

(cas/krs)

ADVERTISEMENT