PSSI Gugat Fair Play Vietnam Vs Thailand, Puaskah dengan Keputusan AFF?

ADVERTISEMENT

PSSI Gugat Fair Play Vietnam Vs Thailand, Puaskah dengan Keputusan AFF?

Kris Fathoni W - Sepakbola
Sabtu, 30 Jul 2022 12:03 WIB
Pesepak bola Tim Nasional Indonesia U-19 Frezy Al Hudaifi (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Tim Nasional Vietnam U-19 dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/7/2022). Skor pertandingan berakhir seri 0-0. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Timnas Indonesia saat melawan Vietnam di Piala AFF U-19 2022. Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Jakarta -

Unsur fair play di laga Vietnam Vs Thailand dipertanyakan PSSI sampai bikin laporan resmi. Kini setelah Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) merespons, puaskah PSSI?

Seperti diberitakan sebelumnya, AFF sudah memberikan respons atas surat resmi PSSI yang mempertanyakan unsur fair play Vietnam Vs Thailand di Piala AFF U-19 2022. AFF tidak menemukan adanya pelanggaran.

Tanggapan PSSI atas Pernyataan AFF

Informasi mengenai pernyataan AFF tersebut, bahwa tak ada pelanggaran pada laga Vietnam VS Thailand, dimuat oleh situs resmi PSSI yang sekaligus memberikan tanggapannya.

"Kami berterima kasih kepada AFF karena sudah merespons surat resmi dari PSSI," kata Manajer Tim Nasional Indonesia Endri Erawan.

"Setelah adanya surat resmi dari AFF itu, kami (PSSI) menerima keputusan itu. Pada dasarnya surat itu hanya ingin mempertanyakan apakah laga itu berjalan fairplay atau tidak. Kini semua sudah jelas dan tidak ada masalah lagi."

Tudingan main mata dan tidak fair play di laga Vietnam Vs Thailand

Hasil 1-1 dalam duel Vietnam Vs Thailand di fase grup itu sendiri membuat kedua tim ke semifinal Piala AFF U-19 2022, sedangkan Indonesia kandas karena cuma bisa finis ketiga. Skor itu lalu memunculkan tudingan main mata.

Pada tanggal 11 Juli, PSSI secara resmi mengirimkan surat protes ke AFF. Pada saat itu PSSI sampai menekankan Timnas Indonesia bisa melakukan hal serupa di masa mendatang jika AFF menganggap apa yang terjadi di laga Vietnam vs Thailand itu sebagai hal biasa.

"Kami ingin memastikan dengan bertanya ke AFF atau protes, apakah itu fair play atau tidak? karena ini menjadi acuan bagi kami bila itu dibilang fair play, kami bisa melakukan itu suatu saat," kata Ketum PSSI Mochamad Iriawan pada saat itu.

(krs/cas)