ADVERTISEMENT

PSSI Senang Dijanjikan Lahan 30-50 Hektar di IKN

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 04 Agu 2022 01:00 WIB
Ketum PSSI M Iriawan.
Ketum PSSI senang bakal mendapat lahan 50 hektar di IKN (Bima Bagaskara/detikJabar)
Jakarta -

PSSI kabarnya akan mendapat fasilitas pusat latihan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Luasnya disebut mencapai 30-50 hektar.

Rencana soal training camp itu diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali saat bertemu Presiden RI Joko Widodo dan Ketum PSSI Mochamad Iriawan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Pemerintah memang ingin membangun training camp untuk sepakbola, yang termasuk dalam fasilitas olahraga di IKN. Ini berkaitan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2036. Andai Indonesia terpilih menjadi tuan rumah, IKN akan menjadi lokasi Olimpiade.

Rencana ini pun disambut gembira oleh Iriawan selaku PSSI-1. Dia mengaku senang pemerintah mulai peduli dengan kemajuan olahraga Indonesia, khususnya sepakbola.

Apalagi tanah yang dijanjikan lebih besar dari yang diminta PSSI di awal, yaki sekitar 15 hektar. Jokowi menjanjikan PSSI akan mendapat jatah lahan maksimal 50 hektar.

"Jadi Pak Presiden menyampaikan pada saya, 'butuh berapa hektare?' Saya bilang 15 hektar. Lalu Pak Presiden bilang 30 sampai 50 hektare akan disiapkan di IKN. Untuk tempatnya nanti kita tunggu perintah pak presiden. Nanti kita akan tinjau ke sana juga. Jarak tempuhnya hanya satu jam dari Sepinggan, Balikpapan. Pak Presiden akan menerapkan sarana lengkap di training center sana. Beliau ingin ada tujuh lapangan, lengkap dengan kolam renang dan fasilitas lainnya," ujar Iriawan dalam perbincangan dengan media via zoom.

"Kita tunggu arahan pak Presiden. Soal posisinya di tengah-tengah antara Balikpapan dan Samarinda. Nanti kita akan cek ke lokasi juga, di mana lokasi yang sudah disiapkan pemerintah untuk TC ini," tambah Iriawan.

Jika memang PSSI mendapat lahan sebesar yang dijanjikan, maka mereka tidak main-main dalam mempersiapkannya. Sebab, PSSI ingin membuat training camp seperti yang dimiliki negara tetangganya AFC. Ada kemungkinan juga Kantor PSSI bakal pindah ke sana.

"Untuk desain, belum ya. Nanti kan kita akan menyampaikan soal desain ini ke Pak Presiden. Kita akan datangkan ahli, termasuk ahli dari luar negeri, karena kita ingin seperti yang di Kuala Lumpur punya AFC. Intinya lengkap, seperti yang di UPI di Bandung itu. Presiden ingin tujuh lapangan dan lengkap fasilitasnya, dan kami senang akan itu."

""Tadi secara spesifik tidak dibahas, tetapi kami tadi sampaikan bahwa kantor harus pindah, karena kantor PSSI harus ada di ibu kota negara. Itu aturan FIFA. Kita harus pindah ke sana agar dekat TC. Nanti di sana ada kantor. ada lapangan, pusat kebugaran, sport science, kolam renang, lengkap. 30 hektare itu luas, dan kita inginkan bisa pindah ke sana."



Simak Video "Diajak Ngopi Iwan Bule, Bintang Emon: Kaget Tapi Lets Go!"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT