ADVERTISEMENT

Shin Tae-yong Balik ke Indonesia 16 Agustus, Langsung Persiapan TC

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 04 Agu 2022 04:30 WIB
Indonesia head coach, Shin Tae Yong (R) congratulates Irfan Samaling Kumi after scoring the second goal during the AFF Suzuki Cup 2020 Group B match between Malaysia and Indonesia at National Stadium on December 19, 2021 in Singapore.
 (Photo by Suhaimi Abdullah/NurPhoto via Getty Images)
Shin Tae-yong direncanakan balik ke Indonesia tanggal 16 Agustus (NurPhoto via Getty Images/NurPhoto)
Jakarta -

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong direncanakan balik ke Indonesia pertengahan bulan ini. Setelah itu, Shin akan langsung memimpin pelatnas.

Federasi memberikan kesempatan Shin pulang kampung setelah sibuk bersama Timnas Indonesia berbagai kelompok usia. Mulai dari playoff Kualifikasi Piala Asia 2023, Piala AFF 2020, Pemusatan Latihan (TC) Timnas Indonesia U-19, SEA Games 2021, hingga Piala AFF U-19 2022.

Sebelum itu, Shin terakhir kali pulang kampung pada pertengahan 2021 atau setahun lalu. Periode liburan yang cukup lama ini memang diperlukan Shin untuk mengembalikan energinya lagi setelah jadwal yang padat.

Diharapkan Shin bisa lebih segar saat balik melatih setelah liburan sebulan. Apalagi Shin sudah ditunggu sejumlah agenda padat sepanjang setahun ke depan ini.

Shin akan memimpin Timnas U-19 yang sedang mempersiapkan diri untuk Piala Dunia U-20 tahun depan. Rencananya Shin akan melakukan training camp di Eropa, namun masih menimbang negara yang tepat untuk dikunjungi.

"Shin Tae Yong akan datang pertengahan bulan ini, jadi nanti dia bisa langsung jalan dengan program yang ada. Kita sudah ada programnya untuk bisa latihan Timnas U-19 dan juga persiapan Piala Dunia U-20, nanti mereka juga akan latihan di luar, ada beberapa negara yang jadi pertimbangan, ada Spanyol, Turki, dan Belanda," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam perbincangan dengan media via Zoom.

"Nanti, di luar negeri kami harus menghadapi lawan-lawan kuat. Turki, di sana sudah sering dipakai TC, Spanyol juga negara kuat, rangking 10 besar FIFA. Lalu kenapa di Belanda? Sekalian untuk memantau pemain naturalsiasai juga, ada opsi. Nanti tanggal 16 Agustus dia akan pulang dan menentukan program seperti apa selanjutnya," kata Iriawan.

(mrp/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT