ADVERTISEMENT

Hasil Liga 1: PSM Vs Persija Berakhir Imbang 1-1

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 05 Agu 2022 18:00 WIB
Logo Liga 1
Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Jakarta -

Laga PSM Makassar Vs Persija Jakarta pada pekan ke-3 Liga 1 2022 berakhir imbang. Tim tuan rumah sempat unggul 1-0, tapi kemudian sang tamu menyamakan kedudukan 1-1.

Pertandingan berlangsung dengan intensitas yang lumayan tinggi sejak kickoff. Hanya saja kedua tim kesulitan untuk menciptakan peluang dalam upaya mencari gol pembuka, dalam laga di Stadion BJ Habibie, Parepare, Jumat (5/8/2022).

Di menit-menit awal, Persija lebih banyak menguasai bola, tapi taj bermain efektif dengan mengirimkan banyak umpan panjang ke depan. Ondrej Kudela dan Hansamu Yama beberapa kali melepas umpan panjang, tetapi tidak akurat.

Peluang pertama didapat PSM melalui Yacob Sayuri dengan sundulannya setelah menyambut umpan Wiljan Pluim. Tapi bola masih bisa ditangkap oleh kiper Persija Andritany Ardhiyasa pada menit ke-14'.

Striker Persija Abdulla Yusuf Helal secara mengejutkan melakukan aksi individu di luar kotak penalti. Ia kemudian cutting-inside dan melepaskan tendangan melengkung, tapi bola masih menyamping pada menit ke-24.

Andritany nyaris membuat Persija kebobolan pada menit ke-30 lantaran sang kiper gagal mengantisipasi umpan silang Everton Nascimento. Bola kemudian jatuh di Rizky Eka Pratama yang gagal menceploskan bola dengan sempurna.

Permainan bola-bola panjang masih terus dilakukan Persija. Kali ini umpan Kudela akurat, bola dikontrol Taufik Hidayat yang kemudian melepas tendangan. Tapi masih menyamping di sisi kiri gawang PSM.

PSM nyaris mencetak gol pembuka pada awal babak kedua. Wiljan Pluim menyambut umpan silang Yacob Sayuri, tapi tendangannya masih melambung di atas mistar gawang Persija.

Setelahnya PSM terus tampil menekan pertahanan Persija. Banyak sekali peluang yang tercipta sehingga membuat lini bertahan Persija kelimpungan.

Persija pun sempat terlibat kepanikan dalam situasi bola mati. Bola liar sampai-sampai nyaris membuat Yusuf Helal membuat gol bunuh diri, beruntung Andritany melakukan penyelamatan krusial.

Selepasnya PSM terus melakukan ancaman ke gawang Persija. Yakob Sayuri dan Everton bergantian melakukan percobaan, tapi upayanya terus menemui kegagalan.

Pergantian jitu berhasil dilakukan Pelatih PSM Bernardo Tavares. Pemain pengganti Kenzo Nambu berhasil membawa PSM memecah kebuntuan dan mengubah skor menjadi 1-1 pada menit ke-75.

Gol itu berawal dari kerja sama apik pemain-pemain PSM yang melakukan operan 1-2 sentuhan. Adapun Kenzo Nambu baru tampil dua menit setelah diturunkan pada menit ke-73.

Tapi keunggulan PSM hanya bertahan selama empat menit saja. Persija berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat sundulan Hanno Behrens yang menyambut tendangan sudut yang dilepas Syahrian Abimanyu.

Persija nyaris membuat penonton tuan rumah terdiam pada ujung laga. Berawal dari tendangan bebas panjang Maman Abdurrahman, bola ditanduk Yusuf Helal, yang mengirim bola ke Behrens. Pemain asal Jerman kemudian melepas tendangan keras yang melambung di atas gawang.

Di injury time Persija mendapat peluang emas bertubi-tubi lewat dua peluang Ginanjar. Pemain pengganti itu melepas tendangan keras dan sundulan tepat ke gawang yang keduanya bisa diamankan kiper PSM Reza Arya.

Skor 1-1 di laga PSM Makassar Vs Persija Jakarta bertahan sampai akhir pertandingan. Hasil itu membuat PSM untuk sementara ke puncak klasemen dengan 7 poin berkat dua menang dan sekali imbang. Sementara Persija naik ke peringkat ke-5 dengan empat angka, hasil dari sekali kalah, sekali menang, dan sekali imbang.

Susunan pemain

PSM Makassar: 30-Reza Arya; 33-Dallen Doke, 4-Yuran Fernandes, 45-Akbar Tanjung, 47-Agung Mannan; 48-Muhammad Arfan (Bryan Cesar 86'), 80-Wiljan Pluim, 17-Rasyid Bakri (Ananda Raehan Alief 73'); 22-Yakob Sayuri (Muhammad Dzaky 86'), 10-Everton (Kenzo Nambu 73'), 24-Rizky Eka

Pelatih: Bernardo Tavares (Portugal)

Persija Jakarta: 26-Andritany; 17-Ondrej Kudela, 56-Maman Abdurahman, 23-Hansamu Yama, 41-Muhammad Ferrari (Rio Fahmi 84'), 58-Frengky Missa; 8-Syahrian Abimanyu (Ginanjar 84'), 10-Hanno Behrens; 25-Riko Simanjuntak (Hanif Sjahbandi 62'), 9-Abdulla Yusuf, 89-Taufik Hidayat (Braif Fatari 84')

Pelatih: Thomas Doll (Jerman)

(krs/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT