ADVERTISEMENT

PSM Vs Persija Imbang, Thomas Doll yang Kecewa Kritik Wasit

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 05 Agu 2022 20:48 WIB
PSM Vs Persija
Foto: dok. Persija
Jakarta -

Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll kecewa dengan wasit di laga PSM Makassar Vs Persija Jakarta. Secara khusus ia menyoroti kinerja wasit tambahan karena merasa Persija seharusnya mendapat tendangan penjuru jelang akhir laga.

Persija dijamu PSM pada pekan ke-3 Liga 1 2022 di Stadion BJ Habibie, Parepare, Jumat (5/8/2022). Laga ini berakhir imbang 1-1 lewat gol-gol yang dicetak Kenzo Nambu (75') buat PSM dan Hanno Behrens untuk Persija (78').

Pada laga ini, wasit tambahan belakang gawang terindikasi membuat keputusan yang merugikan Persija menjelang bubaran. Persija seharusnya mendapat tendangan penjuru setelah sepakan Behrens keluar lapangan karena membentur bek PSM Yuran Fernandes.

PSM Vs PersijaPelatih Persija kecewa dengan wasit saat timnya bermain imbang 1-1 lawan PSM. Foto: dok. Persija

Persija pun bersiap mengambil tendangan sudut, tetapi batal lantaran wasit tambahan justru memberikan tendangan gawang buat PSM. Wasit Iwan Sukoco yang memimpin laga kemudian memberikan tendangan gawang buat PSM setelah berkonsultasi dengan wasit tambahan.

Dalam tayangan ulang, terlihat jelas bola memang keluar setelah membentur Yuran Fernandes. Keputusan inilah yang dipertanyakan Thomas Doll ketika timnya mencari gol kedua dalam kondisi skor imbang 1-1.

"Kami tidak mendapatkan corner dalam dua sampai tiga kesempatan meski situasinya sangat jelas. Ketika kamu berbicara soal wasit, tanya ke wasit, bukan ke saya," kata Thomas Doll seusai laga, saat menjawab pertanyaan wartawan soal timnya dianggap diuntungkan pengadil lapangan.

Di laga ini keputusan-keputusan wasit memang menjadi sorotan. Dalam berbagai kesempatan, PSM dirugikan karena keputusan offside hingga pelanggaran keras Syahrian Abimanyu kepada Muhammad Arfan yang tak berbuah kartu.

Thomas Doll juga menilai Persija menjadi korban kesalahan keputusan wasit. Paling fatal adalah tak memberikan tendangan sudut menjelang akhir laga.

Saat itu Persija sedang mendapat momentum bagus untuk mencetak gol keduanya. Behrens dan Ginanjar Ramadhani berkali-kali mengancam gawang PSM lewat peluang-peluang emas yang mereka dapatkan.

"Pastinya kami tidak mendapat keuntungan dari wasit. Saya juga bicara dengan pelatih lawan setelah laga, tak ada yang senang dengan performa (wasit)," ujar Thomas Doll.

Sebagai informasi, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menambah jumlah wasit dalam laga menjadi lima sejak pekan ke-30 Liga 1 2021. Dua tambahan wasit bekerja di belakang gawang untuk memantau laga dari dekat, salah satunya untuk situasi pelanggaran di kotak penalti hingga keputusan corner atau tendangan gawang.

(krs/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT