ADVERTISEMENT

Piala AFF U-16: Indonesia Juara Grup, Vietnam 'Digantung'

Randy Prasatya - Sepakbola
Sabtu, 06 Agu 2022 23:15 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-16 Muhammad Nabil Ayura (kiri) melakukan selebrasi seusai menjebol gawang Timnas Vietnam U-16  saat laga AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta, Sabtu (6/7/2022). Timnas Indonesia U-16 menang atas Timnas Vietnam U-16 dengan skor 2-1. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/rwa.
Timnas Indonesia kalahkan Vietnam di Piala AFF U-16. (Foto: Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta -

Timnas Indonesia U-16 berhasil menjadi juara Grup A Piala AFF U-16. Garuda Asia sekaligus membuat Vietnam menggantungkan nasib ke negara lain.

Indonesia menghadapi Vietnam dalam laga terakhir fase grup. Dalam duel yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (6/8/2022) malam WIB, anak asuh Bima Sakti menang 2-1.

Gawang Indonesia kebobolan lebih dulu lewat eksekusi penalti Nguyen Cong Phuong. Babak pertama, Indoensia ketinggalan 0-1.

Di babak kedua, Indonesia bisa membalas. Gol dari Arkhan Kaka Putra Purwanto dan Nabil Asyura memastikan tuan rumah comeback dan berbalik menang 2-1.

Kemenangan membuat Indonesia keluar menjadi juara Grup A Piala AFF U-16 2022 dengan 9 poin, hasil tak terkalahkan di tiga laga. Vietnam harus puas menjadi runner-up dengan 6 poin.

Status Vietnam saat ini sedang menunggu untuk menjadi runner-up terbaik. Mereka sejauh ini masih ada di posisi teratas dengan enam poin pada klasemen runner-up, di depan Thailand dan Myanmar.

Posisi runner-up di Grup B tidak akan mempengaruhi Vietnam karena Thailand dan Timor Leste saling berhadapan di laga terakhir. Sejauh ini poin Thailand dan Timor Leste sama-sama empat dan hasil apapun tetap menempatkan Vietnam di atas.

Ancaman Vietnam ada di Grup C karena Malaysia dan Myanmar sama-sama punya poin empat serta tak saling berhadapan di laga terakhir. Malaysia akan mengoleksi poin 7 jika bisa mengalahkan Australia dan Myanmar juga menyamai andai mengalahkan Kamboja.

Artinya, jika Malaysia dan Myanmar menuntaskan perjalanan fase grup dengan tujuh poin, Vietnam akan pulang kampung. Phan Thanh Duc Thien dkk. kini harus berharap setidaknya salah satu laga di Grup C ada yang berakhir imbang.



Simak Video "Jelang Match Spanyol Vs Jerman, Enrique Prediksi Laga Saling Serang"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/aff)

ADVERTISEMENT