ADVERTISEMENT

Piala AFF U-16: Insyallah Gelar Pertama Bima Sakti sebagai Pelatih

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 12 Agu 2022 15:20 WIB
Pelatih Timnas U-16 Bima Sakti di Lapangan UNY, Selasa (2/8/2022).
Piala AFF U-16: Insyallah Gelar Pertama Bima Sakti Sebagai Pelatih (Foto: Jauh Hari Wawan S/detikJateng)
Jakarta -

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti di ambang mencetak sejarah di Piala AFF U-16 2022. Ia berpeluang meraih gelar perdananya sebagai seorang pelatih.

Timnas Indonesia U-16 akan jumpa Vietnam pada final Piala AFF U-16. Laga yang diperkirakan akan dihadiri puluhan ribu suporter ini akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022).

Jika Timnas U-16 menang, maka Bima Sakti akan meraih gelar perdananya sejak menangani tim mulai 2019. Sejauh ini Bima Sakti belum berkesempatan mempersembahkan prestasi, meski lebih disebabkan minim kesempatan lantaran situasi COVID-19.

"Insyaallah dengan seizin Allah, gelar juara Piala AFF akan menjadi yang pertama bagi saya sebagai pelatih," kata Bima Sakti saat memberikan keterangan pers.

Sejauh ini, pencapaian terbaik Bima Sakti baru sekadar mengantar Timnas U-15 meraih peringkat ketiga Piala AFF U-15 2019. Sebelum menangani Timnas U-16, ia lebih dulu menjadi asisten di Persiba Balikpapan, Timnas Indonesia, Timnas U-23, dan sempat menjadi caretaker Timnas Indonesia.

Semasa aktif bermainnya, ia merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Tapi Bima Sakti terbilang jarang mendapat gelar juara.

Prestasi terbaiknya adalah mengantar PSM Makassar menjadi juara Liga Indonesia 1999-2000. Di musim itu, Bima Sakti juga dianugerahi gelar pemain terbaik.

Prestasi seretnya juga terjadi semasa memperkuat Timnas Indonesia. Cuma gelar juara event minor yang pernah diraihnya bersama Garuda.

"Saat menjadi pemain timnas dulu juga pernah menjadi juara di Piala Kemerdekaan (2000). Namun turnamen itu gengsinya tidak seperti Piala AFF," ucap Bima Sakti.

(aff/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT