ADVERTISEMENT

Hasil Liga 1 Persik Vs Borneo FC: Pesut Etam Comeback, Menang 2-1

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 12 Agu 2022 17:27 WIB
Logo Liga 1
Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta -

Borneo FC Samarinda menang 2-1 berkat comeback atas tuan rumah Persik Kediri pada pekan ke-4 Liga 1 2022. Pesut Etam berjaya meraih tiga angka, sementara kekalahan makin membuat Macan Putih makin terpuruk.

Persik maupun Borneo bermain terbuka dan menciptakan berbagai peluang berbahaya. Hanya saja, para pemain dari kedua tim kerap kesulitan untuk menemui target.

Tuan rumah Persik tampil tanpa didampingi Javier Rocha. Sang pelatih memang diduga sudah mengundurkan diri, tapi pihak klub enggan mengomentari masalah ini.

Terlepas dari itu, Persik tampil spartan sejak awal laga. Peluang pertama langsung tercipta lewat Riyatno Abiyoso yang menyambut umpan Yusuf Meilana, tapi bola masih belum menemui sasaran.

Setelahnya giliran Rohit Chand yang mengancam gawang Borneo lewat tandukannya. Menyambut sepak pojok dari Renan Silva, sundulan pemain asal Nepal itu juga belum membuahkan hasil.

Borneo membalas lewat situasi serupa yakni tendangan sudut. Bek asing Javlon Guseynov melakukan tandukan, tapi juga tak mengarah ke gawang.

Permainan saling serang terus terjadi sampai babak pertama berakhir. Tapi skor imbang 0-0 tak berubah sampai wasit mengakhiri interval pertama.

Persik yang untuk sementara ditangani Asisten Johan Prasteyo mencoba mengubah keadaan dengan melakukan pergantian pada awal babak kedua. Ia menurunkan Ady Eko Jayanto untuk menggantikan Ady Eko Jayanto.

Setelah 10 menit tak ada perubahan, pergantian pemain kembali dilakukan Persik. Krisna Bayu Otto dan Ferinando Pahabol diturunkan untuk menggantikan M. Taufiq serta Rahel Radiansyah.

Pergantian itu membuahkan hasil, gol yang ditunggu-tunggu Persik akhirnya tercipta. Pahabol menginisiasi serang lalu mengoper bola ke Agil Munawar yang kemudian mengirim umpan matang untuk diserobot Yusuf Meilana. 1-0 Persik ungguli Borneo pada menit ke-64.

Tapi keunggulan Persik hanya bertahan 2 menit karena Matheus Pato sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Pemain asing Borneo menceploskan bola dengan mudah dalam situasi set-piece setelah kiper Persik Dikri Yusron meninggalkan gawangnya.

Matheus Pato mencetak brace sekaligus membawa Borneo comeback dan mengubah skor menjadi 2-1. Pemain asal Brasil itu mengeksekusi tendangan bebas dengan tembakan keras yang tak bisa dihalau Dikri Yusron pada menit ke-77.

Skor 2-1 untuk kemenangan Borneo bertahan sampai akhir laga sehingga Pesut Etam untuk sementara naik ke peringkat ke-3 dengan 9 poin hasil 3 kali menang dan sekali kalah. Sementara Persik turun ke peringkat ke-17 dengan hanya meraih 1 poin hasil sekali imbang dan 3 kali kalah.

Susunan pemain

Persik Kediri: 31-Dikri Yusron; 37-Agil Munawar, 4-Fisabillah (Muhamad Ridwan 88'), 32-Rohit Chand, 7-Yusuf Meilana; 8-Arthur Irawan (Ady Eko Jayanto 46'), 86-M. Taufiq (Krisna Bayu Otto Kartika 55'), 89-Rahel Radiansyah (Ferinando Pahabol 55'), 10-Renan Silva, 22-Riyatno Abiyoso; 88-Joanderson (Arsyad Yusgiantoro 69')

Pelatih: --

Borneo FC Samarinda: 99-Dwi Kuswanto; 56-Fajar Fathurrahman, 19-Javlon Guseynov, 4-Wildansyah (Agung Prasetyo 63'), 24-Diego Michiels: 12-Hendro Siswanto, 8-Kei Hirose, 14-Stefano Lilipaly (Sihran Amarullah 90+2')
; 28-Terens Puhiri, 10-Jonathan Bustos, 7-Matheus Pato (Ahmad Nur Hardianto 89')

Pelatih Milomir Seslija

(krs/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT