ADVERTISEMENT

Saktinya Bima Sakti

Yanu Arifin - Sepakbola
Jumat, 12 Agu 2022 23:00 WIB
Pelatih Timnas U-16 Bima Sakti di Lapangan UNY, Selasa (2/8/2022).
Foto: Jauh Hari Wawan S/detikJateng
Sleman -

Bima Sakti begitu sakti, saat memimpin Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022. Garuda Asia dibawanya juara dengan tampil apik sepanjang turnamen.

Timnas Indonesia U-16 berlaga di Piala AFF U-16 2022 di bawah komando Bima Sakti. Pria yang juga legenda Timnas Indonesia itu mampu membawa Arkhan Kaka Putra Purwanto dkk tampil trengginas.

Bermain di rumah sendiri, Indonesia di bawah arahan Bima Sakti tampil menghibur. Indonesia bisa menyikat lawan-lawannya.

Indonesia tergabung di Grup A sejak awal Piala AFF U-16 2022, bersama Vietnam, Filipina, dan Singapura. Tiga kemenangan sekaligus diraih.

Indonesia membuka turnamen dengan kemenangan 2-0 atas Filipina. Di laga kedua, hasil spektakuler ditorehkan anak-anak muda Indonesia, usai bisa menggulung Singapura 9-0.

Di laga ketiga, yang disebut-sebut sebagai 'final kepagian', Indonesia bisa mengatasi perlawanan Vietnam. Kemenangan 2-1 diraih, yang membawa Indonesia ke semifinal dengan status juara grup.

Di babak empat besar, penampilan tak kalah menyerah kembali diperlihatkan Timnas Indonesia U-16. Melawan Myanmar, Indonesia bisa menang lewat adu penalti 5-4, setelah berimbang 1-1 sampai 90 menit.

Sampai akhirnya di final, Indonesia kembali melawan Vietnam, yang sebelumnya menyingkirkan Thailand di semifinal. Pada babak puncak, Indonesia bisa mengatasi Vietnam lagi dengan skor 1-0 dan memastikan juara Piala AFF U-16 2022.

Sepanjang Piala AFF U-16 2022, Bima Sakti membawa Indonesia menjadi tim tak terkalahkan dan tersubur. Indonesia bisa bikin 15 gol dan kebobolan dua kali (dalam hitungan 90 menit pertandingan).

Pria yang memimpin Timnas Indonesia U-16 sejak 2019 itu juga bisa meraih gelar perdananya sebagai pelatih. Sempat kesulitan memimpin Timnas Indonesia level senior, kini ia bisa mengecup trofi bersama pemain-pemain masa depan Indonesia.

Sakti betul, Bima Sakti!

(yna/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT