ADVERTISEMENT

PSM Belum Pikirkan Final Piala AFC, Fokus Liga 1 Dulu Lawan Arema

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 16 Agu 2022 11:43 WIB
PSM Makassar lolos ke final AFC Cup zona ASEAN
PSM Makassar merayakan kelolosan ke final AFC Cup zona ASEAN. Foto: Dok. AFC Cup
Jakarta -

PSM Makassar belum mau memikirkan final Zona ASEAN Piala AFC 2022 melawan Kuala Lumpur City. Juku Eja masih fokus untuk melakoni laga-laga Liga 1 2022.

Wiljan Pluim Cs akan menghadapi Kuala Lumpur di Stadion KLFA, Kuala Lumpur, Rabu (24/8/2022). Sebelum itu, PSM masih akan menjamu Arema FC terlebih dahulu pada pekan ke-5 Liga 1, Sabtu (20/8).

Dua laga itu bagi dinilai sama pentingnya karena PSM ingin berprestasi di Piala AFC maupun Liga 1. Saat ini PSM menjadi harapan Indonesia di pentas Asia, tapi juga sedang menikmati tren positif di Liga 1 dengan catatan tiga kali menang dan sekali imbang.

Terbaru, PSM baru saja menang lagi dengan mengalahkan RANS Nusantara 2-1, di Stadion Pakansari, Senin (15/8). Sempat tertinggal 0-1 dari gol Mitsuru Maruoka, Juku Eja comeback via brace Everton Nascimento.

"Jadi, sulit memang membagi fokus di dua kompetisi berbeda, karena Piala AFC berbeda dengan Liga 1. Untuk sekarang, kami akan memulihkan dulu, dan fokus ke laga selanjutnya untuk lawan Arema," kata Pelatih PSM Bernardo Tavares.

"Kami tahu bahwa pemulihan pemain lebih penting, apalagi para pemain kami baru saja kehujanan di laga tadi (Vs RANS di Stadion Pakansari). Juga bermain di lapangan dan cuaca yang buruk," ujarnya menambahkan.

Buat PSM, Liga 1 dan Piala AFC memang menjadi dilema tersendiri. Mereka akan memainkan dua ajang itu dengan jadwal yang bisa dibilang kurang ideal.

Setidaknya mereka hanya punya waktu jeda selama tiga hari untuk mempersiapkan tampil di Piala AFC setelah tampil di Liga 1. Sudah begitu Juku Eja akan bertanding sebagai tim tamu melawan Kuala Lumpur dalam laga yang menggunakan format single round-robin.

Setidaknya Kuala Lumpur bukan lawan yang asing buat PSM Makassar karena sudah pernah dihadapi di fase grup. Saat itu laga juga digelar di Stadion KLFA dengan hasil imbang 0-0.

"Intinya Arema dulu, baru kami pikirkan Piala AFC melawan Kuala Lumpur. Kami harus realistis, semua punya mimpi, baik itu pemain, pelatih, suporter, semua punya mimpi," tutur Tavares.

"Tapi coba lihat saat kami main lawan Kuala Lumpur sebelumnya, apalagi kami nanti akan main di sana. Banyak pertanyaan. Kami ingin melaju lebih jauh di Piala AFC. Tapi ya, sabar saja, semua harus dilalui step by step," ucap pelatih asal Portugal itu.

(krs/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT