Komisi III DPR RI Setujui Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat

ADVERTISEMENT

Komisi III DPR RI Setujui Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 29 Agu 2022 16:46 WIB
Jakarta -

DPR RI telah menyetujui naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat. Keduanya selangkah lagi akan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan memperkuat Timnas Indonesia.

Naturalisasi keduanya disetujui dalam Rapat Kerja Komisi III DPR, Senin (29/8/2022). Hadir dalam kesempatan itu yakni Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Menpora Zainudin Amali, hingga Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej.

"Kita telah mendengarkan bersama penjelasan mitra kita, kali ini kami tawarkan sekali lagi apakah Komisi III DPR dapat menyetujui pemberian WNI kepada Jordi Amat dan Sandy Walsh untuk selanjutnya melalui proses UU. Setuju?," kata Ketua Komisi III Bambang Wurianto.

Sementara itu, Sandy Walsh dan Jordi Amat juga hadir secara daring. Keduanya mengucapkan terima kasih atas persetujuan DPR mengesahkan mereka untuk menjadi WNI.

"Terima kasih sudah mengundang kami hari ini. Untuk saya dan Sandy bisa berada di sini bersama kalian, kami sangat senang. Terima kasih untuk pertemuannya," ujar Jordi Amat.

"Terima kasih semuanya sudah membuat waktu dan mengundang kami hari ini. Sangat bangga untuk bisa hadir di sini dengan kalian semua," ucapnya.

Setelah itu, Iriawan meminta kepada keduanya untuk melafalkan Pancasila. Sandy Walsh dan Jordi Amat pun membuktikan diri bahwa mereka sudah menghafal Pancasila yang membuat keduanya disambut dengan tepuk tangan.

Amali kemudian menyambut pengesahan ini dengan rasa bangga. Dia berharap dua pemain itu bisa membantu Timnas Indonesia meraih prestasi.

"Bapak ketua dan bapak ibu anggota Komisi III yang terhormat, terima kasih atas rapat kerjanya, atas persetujuannya. Secara khusus saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pak ketua yang memimpin raker ini," ucap Amali.

"Ini keputusan bersejarah yang ditonton seluruh rakyat Indonesia terutama penggemar sepakbola berarti pak ketua memberikan dukungan kepada sepakbola Indonesia. Untuk Komisi III keseluruhan memberikan dukungan, saya kira dukungan bapak dan ibu adalah dukungan buat timnas," ujarnya.

Dengan begitu, Jordi Amat dan Sandy Walsh tinggal menunggu Keputusan Presiden (Keppres). Sementara tahap akhirnya untuk menjadi WNI adalah pengambilan sumpah.

(aff/rin)