ADVERTISEMENT

Komisi X DPR Setujui Jordi Amat dan Sandy Walsh, Selanjutnya Apa?

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 02 Sep 2022 11:45 WIB
Jordi Amat dan Sandy Walsh
Foto: (dok PSSI)
Jakarta -

Komisi X DPR RI menyetujui naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh. Keduanya hanya tinggal diambil sumpahnya saja untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Persetujuan itu disampaikan Komisi X dalam Rapat Kerja dengan Menpora Zainudin Amali dan PSSI di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (1/9/2022). Sebelumnya persetujuan juga didapatkan dari Komisi III DPR RI.

Kedua pemain dianggap layak untuk mendapatkan persetujuan menjadi WNI. Pengalaman mereka bermain di Eropa adalah salah satu pertimbangannya, sehingga diharapkan bisa membantu Timnas Indonesia.

"Saya ucapkan selamat, sebentar lagi jadi WNI. Semoga Sandy dan Jordi bisa membawa timnas Indonesia berprestasi di kompetisi mendatang," kata Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda.

"Publik sepakbola Indonesia sangat berharap Sandy dan Jordi bisa memberi yang terbaik bagi prestasi Timnas Indonesia," ujarnya.

Hal itu pun disambut gembira Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Akhirnya Jordi Amat dan Sandy Walsh bakal menjadi WNI dan segera memperkuat Timnas Indonesia.

"Alhamdulillah terima kasih untuk pak Presiden Joko Widodo, Menpora, Komisi X, Komisi III, dan semua pihak yang membantu proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh. Semoga dengan bergabungnya mereka bisa menambah kekuatan Timnas Indonesia," tutur Iriawan.

Selanjutnya Jordi Amat dan Sandy Walsh tinggal melakukan pengambilan sumpah. Jika itu sudah dilalui, maka keduanya akan mendapatkan paspor dan kartu identitas sebagai tanda resmi menjadi WNI.

"Seusai tahapan, maka proses naturalisasi tinggal sedikit lagi. Amat dan Walsh hanya perlu menunggu surat keputusan Presiden Jokowi, lalu mereka akan mengucapkan sumpah WNI di Kantor Kemenkumham," tulis PSSI.

(aff/cas)

ADVERTISEMENT