Bahas Pemain Naturalisasi, PSSI Hadiri Rapat Kerja Komisi X DPR RI

ADVERTISEMENT

Bahas Pemain Naturalisasi, PSSI Hadiri Rapat Kerja Komisi X DPR RI

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 01 Sep 2022 14:40 WIB
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, rapat dengan Komisi X DPR RI.
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, rapat dengan Komisi X DPR RI untuk membahas naturalisasi pemain. (Foto: dok.PSSI)
Jakarta -

PSSI menghadiri Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI, Kamis (1/9/2022). Kegiatan ini dilakukan untuk membahas proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Rapat Kerja ini sekaligus lanjutan dari sebelumnya dimana PSSI juga menghadiri kegiatan serupa di Komisi III DPR RI. Saat itu Komisi III telah menyetujui naturalisasi kedua pemain keturunan Indonesia tersebut dalam rapat kerja yang digelar pada Senin (29/8) lalu.

Menurut keterangan PSSI, raker dengan Komisi X yang membidangi pendidikan, riset, olahraga dan kepariwisataan ini menjadi pintu terakhir dari seluruh rangkaian proses pemberian kewarganegaraan Indonesia terhadap Jordi dan Sandy, yang rencananya akan memperkuat skuat timnas Indonesia dibawah polesan pelatih Shin Tae-yong.

Raker kali juga akan dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan beserta jajaran.

"Menindaklanjuti proses permohonan pemberian kewarganegaraan Jordi Amat dan Sandy Walsh, hari ini Kemenpora bersama PSSI turut diundang pada rapat kerja Komisi X DPR RI. Ini merupakan proses yang panjang, kira berharap rapat dengar pendapat hari ini akan berbuah manis sehingga proses ini dapat dirampungkan dengan persetujuan dari DPR RI," kata Iriawan, dalam keterangan resmi PSSI.

Timnas Indonesia dijadwalkan akan melakoni laga FIFA Matchday alias jeda internasional pada 24 dan 27 September mendatang. Estimasi PSSI, proses maksimal dua pekan rangkaian proses ini dapat rampung, diharapkan Jordi dan Sandy bisa segera mendapatkan status warga negara Indonesia dan membela skuat Garuda pada laga kontra Curacao nanti.

"Jordi dan Sandy diharapkan menjadi tambahan amunisi kekuatan baru bagi timnas Indonesia bukan hanya untuk laga-laga FIFA saja, namun untuk agenda-agenda timnas ke depannya termasuk Piala Asia," ujar Iriawan.

"Proses naturalisasi ini diharapkan berjalan sesuai rencana, agar supaya kehadiran keduanya bisa memperkuat tim untuk memenuhi harapan dan kecintaan masyarakat akan olahraga sepakbola," tuturnya.

Menpora pun mendukung upaya naturalisasi yang tengah dilakukan PSSI. Menurutnya, saat ini ada kebutuhan pemain untuk cabang olahraga sepakbola yang tujuannya untuk memperkuat tim nasional.

Dia menegaskan bahwa Kemenpora sangat ketat dalam memberikan rekomendasi terkait permohonan naturalisasi. Adapun rapat ini telah dimulai pukul 10.00 wib pagi ini hingga selesai di Gedung Nusantara 1, DPR RI, Jakarta.

"Setelah sebelumnya disetujui Komisi III DPR, maka proses selanjutnya Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan tinggal menunggu rapat kerja dengan Komisi X DPR RI selaku mitra kerja yang akan digelar hari ini," tulis keterangan PSSI.



Simak Video "Iwan Bule Ungkap Alasan KLB PSSI Dipercepat"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/nds)

ADVERTISEMENT