Piala AFF 2022: Ada Peluang Timnas Indonesia Berkandang di SUGBK

ADVERTISEMENT

Piala AFF 2022: Ada Peluang Timnas Indonesia Berkandang di SUGBK

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 09 Sep 2022 22:08 WIB
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjadi etalase untuk Asian Games 2018 Jakarta Palembang. SUGBK siap menyambut tamu dari 45 negara peserta.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Timnas Indonesia ingin memainkan laga Piala AFF 2022 di Jakarta. Ada kemungkinan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dipilih sebagai kandang.

Piala AFF 2022, yang akan digelar pada Desember 2022-Januari 2023 mendatang, bakal digelar dengan format sebelum pandemi COVID-19. Formatnya adalah setiap tim berhak memainkan dua laga kandang dan dua laga tandang di fase grup.

Format itu akan terus berlanjut hingga semifinal dan final. Sebagaimana diketahui, semifinal dan final Piala AFF juga digelar dua leg, dengan sistem kandang dan tandang.

Timnas Indonesia sendiri tergabung di Grup A, bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan pemenang kualifikasi antara Brunei/Timor-Leste. Berdasar jadwal, Timnas Indonesia akan memainkan laga kandang melawan Kamboja dan Thailand.

Sementara untuk laga tandang, Timnas Indonesia akan dijamu Brunei/Timor-Leste dan Filipina. Terkait laga kandang, PSSI mengklaim ingin Jakarta menjadi kota tuan rumah Piala AFF 2022, dengan SUGBK menjadi calon markasnya.

"Kemungkinan besar di Jakarta, tapi kalau untuk pastinya kami belum bisa bicara," kata wakil Sekjen PSSI, Maaike Ira Puspita, kepada wartawan,

"Hingga kini belum ditetapkan, tapi memang ada opsi ke sana (SUGBK). Jika sudah memungkinkan untuk digunakan, kami memang memprioritaskan SUGBK untuk Piala AFF," ujarnya, saat ditanya potensi Stadion Utama Gelora Bung Karno menjadi venue Timnas Indonesia di Piala AFF.

Jika SUGBK benar-benar menjadi kandang Timnas Indonesia, ini menjadi kesempatan pertama skuad Garuda main di SUGBK lagi. Terakhir kali timnas bermain di sana terjadi pada 2019, saat tim asuhan Simon McMenemy ditaklukkan Thailand 0-3 pada Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Meski begitu, masih ada kendala yang mungkin menghalangi Timnas Indonesia menggunakan SUGBK sebagai kandang di Piala AFF 2022. Sebab, stadion kebanggaan masyarakat Indonesia itu bakal diremajakan untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023, yang diperkirakan baru akan rampung pada Desember 2022.

(yna/krs)

ADVERTISEMENT