Shin Tae-yong: Thailand Lawan Terkuat di Grup A Piala AFF 2022

ADVERTISEMENT

Shin Tae-yong: Thailand Lawan Terkuat di Grup A Piala AFF 2022

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 30 Agu 2022 17:20 WIB
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menjawab pertanyaan detikSport dalam wawancara eksklusif.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Shin Tae-yong tak ragu menyebut Thailand sebagai lawan terkuat buat Timnas Indonesia di fase grup Piala AFF 2022. Indonesia dan Thailand tergabung di Grup A.

Skuad Garuda segrup dengan Thailand, Filipina, Kamboja, dan 1 negara pemenang babak kualifikasi. Dari keempat tim itu, Thailand disebut Shin Tae-yong sebagai lawan paling berat buat Timnas Indonesia.

Hal itu juga tak lepas dari fakta bahwa kedua tim adalah finalis Piala AFF 2020. Saat itu Thailand keluar sebagai juaranya dengan kemenangan agregat 6-2 berkat kemenangan 4-0 dan hasil imbang 2-2 dalam laga dua leg.

"Thailand tentu menjadi lawan paling kuat di grup. Meski begitu kami juga tetap waspadai semua lawan kita," kata Shin Tae-yong dalam pernyataan resminya.

Timnas Indonesia, meskipun berstatus sebagai finalis, ditempatkan di Pot 3 dalam drawing Piala AFF 2022 di Bangkok, Thailand, Selasa (30/8/2022). Adapun AFF beralasan bahwa penentuan Pot bukan berdasar edisi terakhir. Tapi dari dua edisi sebelumnya yakni 2018 dan 2020.

"Awalnya saya bingung kenapa Indonesia berada di Pot 3 pada drawing ini, namun setelah dijelaskan bahwa penilaiannya dari dua event AFF sebelumnya jadi baru paham. Saya akan mempersiapkan Timnas Indonesia dengan baik serta maksimal agar meraih juara Piala AFF 2022," ucap Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea itu berharap sudah bisa memanggil pemain naturalisasi terbaru. Terkini, Sandy Walsh dan Jordi Amat tinggal selangkah lagi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sehingga akan segera memperkuat timnas Indonesia.

"Untuk pemilihan pemain saya akan memilih pemain terbaik kondisinya dan tentu ada pemain naturalisasi. Apalagi saat ini Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattinama masih dalam proses naturalisasi. Kami berharap ketiganya dapat segera bergabung bersama Timnas Indonesia," ujar Shin Tae-yong.

(krs/cas)

ADVERTISEMENT