Arema FC Vs Persib: Ketika Aremania dan Bobotoh Kembali 1 Tribune

ADVERTISEMENT

Arema FC Vs Persib: Ketika Aremania dan Bobotoh Kembali 1 Tribune

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 12 Sep 2022 12:00 WIB
Arema FC vs Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (8/3/2020)
Arema FC vs Persib Bandung menjadi momen Aremania dan Bobotoh satu tribune lagi. (Foto: Muhammad Aminudin/detik.com)
Jakarta -

Arema FC Vs Persib Bandung pada pekan ke-9 Liga 1 2022 menjadi peristiwa bersejarah. Aremania dan Bobotoh akhirnya kembali 1 tribune dalam stadion yang sama.

Arema FC menjamu Persib di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Minggu (11/9/2022). Laga dimenangi Persib yang berhasil comeback 2-1 setelah sempat tertinggal 0-1.

Terlepas dari hasil, laga ini menyisakan kabar bahagia. Dua kelompok suporter yang sudah lama bertikai, akhirnya bisa bersatu dan menerima satu sama lain.

Ratusan Bobotoh bahkan menerima sambutan hangat dari Aremania setibanya di Stadion Kanjuruhan. Banyak cuplikan-cuplikan nuansa persahabatan yang terjalin dari kedua belah kubu suporter.

Semua itu berawal dari niatan baik Panpel Arema dan pihak keamanan yang mau menerima kedatangan Bobotoh di Malang. Arema menyiapkan sekitar 500 tiket buat penonton tim tamu yang dalam hal ini adalah Bobotoh.

Tak ada kabar gesekan yang terjadi dalam ajang percobaan untuk menyatukan kembali kedua pihak. Bisa dibilang Panpel Arema FC sangat sukses menginisiasi awal perdamaian kedua kelompok suporter.

Suporter Persib pun akhirnya bisa menghadiri langsung laga Persib di Malang. Terakhir kali itu terjadi pada tahun 2000-an yang berarti sudah berlalu sekitar dua dekade.

Setelah itu, kedua kelompok suporter kerap bertikai. Akibatnya panpel kedua tim enggan menerima suporter tim tamu di laga kandang mereka masing-masing.

Apa yang dilakukan Panpel Arema bisa menjadi contoh atau jalan pembuka buat kelompok suporter lain yang bertikai. Misalnya upaya perdamaian The Jakmania dengan Bobotoh ataupun Jakmania dengan Bonek.

"Energi Bobotoh dari tribune penonton mengalir ke lapangan. Buktinya, meski sempat tertinggal 0-1 di babak pertama oleh gol Dedik Setiawan, Rachmat Irianto dan kawan-kawan tidak menyerah begitu saja," tulis pernyataan Persib.

"Di babak kedua, nyanyian dan yel-yel dukungan Bobotoh di tribun penonton mengiringi aksi Beckham Putra Nugraha membobol gawang Arema FC yang dikawal Teguh Amiruddin pada menit 49."

"Di penghujung laga, energi positif bobotoh itu dimaksimalkan David da Silva. Striker asal Brasil itu memaksimalkan peluang yang didapat untuk menentukan kemenangan Persib."

"Tidak mengherankan, ketika pertandingan berakhir, seluruh anggota skuad Persib turut mendedikasikan kemenangan untuk para bobotoh di tribun penonton. Hatur nuhun, bobotoh atas dukungan tanpa batasnya," tutup tulisan Persib soal peristiwa bersejarah di Malang.






Simak Video "Pilu Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan, Kehilangan 2 Adiknya Sekaligus"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)

ADVERTISEMENT