Tunggu Semua Laporan, Komdis PSSI Segera Sidangkan Kericuhan Bonek

ADVERTISEMENT

Tunggu Semua Laporan, Komdis PSSI Segera Sidangkan Kericuhan Bonek

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 16 Sep 2022 19:00 WIB
Logo PSSI
Tunggu Semua Laporan, Komdis PSSI Segera Sidangkan Kericuhan Bonek (Foto: Hasan Al Habshy)
Jakarta -

Komite Disiplin (Komdis) PSSI sedang menunggu laporan lengkap resmi kericuhan yang dilakukan Bonek. Begitu lengkap, kasusnya akan segera disidangkan.

Bonek (julukan fans Persebaya Surabaya) meluapkan kekecewaannya setelah Persebaya Surabaya takluk 1-2 dari RANS Nusantara pada pekan ke-10 Liga 1 2022, Kamis (15/9/2022). Banyak fasilitas stadion yang rusak akibat perilaku Bonek.

Saat ini Komdis PSSI masih menunggu laporan lengkap dari berbagai pihak terkait. Semua laporan ditunggu untuk menentukan jenis pelanggaran hingga keputusan yang tepat.

"Kalau bicara segera, hari ini juga bisa langsung disidangkan. kami akan menunggu laporannya dari Match Commissioner, Panitia Pelaksana, dari semuanya," kata Ketua Komdis PSSI Erwin Tobing, saat dihubungi detikSport.

"Nanti kami sidangkan. Kalau dinyatakan melanggar akan kami jatuhkan hukuman, sesuai ketentuan saja. Jadi saya minta hal seperti ini tak terulang lagi," ujarnya menambahkan.

Kericuhan Bonek tak lepas dari keterpurukan yang sedang dialami Persebaya. Kekalahan dari RANS membuat Persebaya kalah tiga kali beruntun.

Kondisi itu membuat Persebaya harus puas menempati peringkat ke-14 dengan hanya mengumpulkan 10 poin. Tetapi apa yang dilakukan Bonek juga tidak dapat dibenarkan.

"Kami akan segera sidangkan begitu laporan masuk, sangat kami sesalkan tindakan Bonek yang demikian. Karena kita menuju tuan rumah Piala Dunia (U-20 2023), seharusnya jangan terjadi," ucap Erwin.

(aff/cas)

ADVERTISEMENT