Komdis Akan Jatuhkan Sanksi buat Persebaya, Nasib Bonek...

ADVERTISEMENT

Komdis Akan Jatuhkan Sanksi buat Persebaya, Nasib Bonek...

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 16 Sep 2022 20:00 WIB
Bupati Sidoarjo Ahmad Mudlor Ali (kiri) meninjau kerusakan pascakerusuhan suporter Persebaya Surabaya seusai pertandingan Liga 1 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (16/9/2022). Kerusuhan seusai pertandingan tersebut mengakibatkan sejumlah fasilitas umum rusak. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/aww.
Stadion Gelora Delta Sidoarjo Rusak Diinvasi Suporter (Foto: ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Jakarta -

Komite Disiplin (Komdis) PSSI memastikan akan menjatuhkan sanksi buat Persebaya Surabaya buntut kericuhan Bonek. Bajul Ijo dihukum tanpa suporter?

Bonek meluapkan kekecewaannya setelah Persebaya takluk 1-2 dari RANS Nusantara pada pekan ke-10 Liga 1 2022, Kamis (15/9/2022). Banyak fasilitas stadion yang rusak akibat perilaku Bonek.

Menanggapi hal ini, Komdis PSSI saat ini sedang menunggu laporan-laporan dari berbagai pihak yang terkait dengan laga. Hanya saja sanksinya belum bisa diungkapkan.

"Itu nanti saja, nanti kami sidangkan sesuai ketentuan yang penting jangan sampai terjadi. Kita sudah juara U-16 (Piala AFF U-16 2022), pemainnya sudah baik," kata Ketua Komdis PSSI Erwin Tobing saat dihubungi detikSport.

"Jangan ada persoalan dirusak lagi persepakbolaan Indonesia lagi. Jangan lagi lah," ujarnya.

Biasanya, sanksi buat klub setelah terjadi kerusuhan suporter adalah denda dengan jumlah yang lumayan besar. Selain itu, klub juga biasanya akan disanksi larangan menggelar laga dihadiri penonton.

Hanya saja Erwin tak bisa mengiyakan terkait hal itu. Ia meminta untuk sabar menunggu laporan masuk dan Komdis PSSI akan segera menggelar sidangnya,

"Jangan bilang pasti (dihukum tanpa suporter), nanti ketahuannya di sidang. Kan bukan keputusan saya sendiri. Tapi keputusan komite," ucap Erwin.

"Kalau memang ada aturan yang dilanggar pasti akan dijatuhkan hukuman. Begitu saja," tuturnya.

(aff/cas)

ADVERTISEMENT