Gorontalo Gelar Asian Mini Football Championship 2023, Menpora Senang

ADVERTISEMENT

Gorontalo Gelar Asian Mini Football Championship 2023, Menpora Senang

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 19 Sep 2022 23:46 WIB
Gorontalo tuan rumah Asian Mini Football Championship 2023
Gorontalo tuan rumah Asian Mini Football Championship 2023 (dok.Kemenpora)
Gorontalo -

Gorontalo ditunjuk jadi tuan rumah Asian Mini Football Championship 2023. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali senang kota kelahirannya terpilih menggelar event internasional.

Surat penunjukan diserahkan President Asia Mini Football Confederation (AMFC) Mohammad Hesham Aldousari kepada Pj Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer di Ballroom Hotel Aston Gorontalo pekan lalu.

Selain penyerahan surat tersebut juga ditandatangani MoU sekaligus Launching Logo dan Maskot Asian Mini Football Championship I Gorontalo 2023. Meski demikian, belum diketahui tanggal perhelatan turnamen itu.

"Baru saja saya dan kita semua menyaksikan penandatanganan MoU dan juga launching maskot tadi ya dan penyerahan surat dari President Asia Mini Football Confederation tentang ditunjuknya Gorontalo sebagai tuan rumah tahun depan," ucap Amali dalam rilis kepada detikSport.

"Yang membanggakan lagi ini menjadi yang pertama di Asia, bahkan tadi dikatakan oleh Presiden AMFC bahwa Gorontalo sebagai lahirnya (kejuaraan) mini football Asia," Amali menambahkan.

Kepercayaan yang diberikan kepada Gorontalo untuk menghelat turnamen sepakbola mini level Asia membuat Amali bangga. Maka dia memastikan pemerintah pusat akan membantu penuh.

"Nah ini saya kira menjadi salah satu hal yang sangat bagus dan kepercayaan kepada Gorontalo saya minta dijaga oleh Pak Gubernur dan para Bupati/Walikota supaya bisa melakukan ini dengan baik."

"Dan terima kasih kepada Ketua Federasi Mini Football Indonesia Pak Andibachtiar Yusuf, tentu atas upayanya sehingga kita bisa ditunjuk sebagai tuan rumah dan kita akan berikan dukungan kepada Provinsi Gorontalo yang akan menyelenggarakan ini tahun depan."

Maskot Asian Mini Football Championship adalah Tarsius, hewan primata langka yang cuma ada di hutan-hutan Gorontalo. Tarsius digambarkan sebagai hewan yang punya kecepatan saat melompat, enerjik, dan setia karena tidak akan mencari pasangan baru, jika pasangan lamanya mati.

"Pak Menteri kenapa kita pilih maskot Tarsilo yang artinya Tarsius Gorontalo karena dari sekian kehebatan hewan tersebut adalah unsur kesetiaan," kata Pj Gubernur Hamka.

"Dan untuk tagline adalah Gorontalo Bisa Olo. Setelah ini akan mulai kita pasang di kendaraan-kendaraan dinas dan kita sosialisasikan maskot dan tagline agar Gorontalo sukses menjadi tuan rumah."

Sementara President AMFC Mohammad Hesham Aldousari mengungkapkan alasan Gorontalo dipilih menggelar acara itu.

"Kenapa Gorontalo, pertama karena mendapat dukungan dari Pak Menteri Pemuda dan Olahraga, Pak Gubernur dan seluruh pejabat di negara ini dan yang kedua mini football Indonesia saat ini terbaik setidaknya di Asia Tenggara," kata Hesham.

"Bahkan ada negara lain yang menggoda untuk mengalihkan, saya tetap pada keputusan memilih Gorontalo Indonesia."

(mrp/ran)

ADVERTISEMENT