Kontribusi Pemain J3 League dalam Kelolosan Jepang ke Piala Asia U-20

ADVERTISEMENT

Kontribusi Pemain J3 League dalam Kelolosan Jepang ke Piala Asia U-20

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 24 Sep 2022 09:45 WIB
Ilustrasi J.League, Ilustrasi J League, Ilustrasi Liga Jepang
Foto: Dok. J.League
Jakarta -

J.League punya peran penting dalam kelolosan Jepang U-20 ke Piala Asia U-20 2023. Perjalanan tim Samurai Muda sempurna, berkat kontribusi besar pemain klub J3 League.

Jepang U-20 bisa dibilang menjadi tim terbaik sepanjang babak kualifikasi jika merujuk dari hasil pertandingan yang mereka raih. Samurai Biru tergabung di grup C bersama Yaman, Palestina, Guam, dan Laos yang juga bertindak sebagai tuan rumah grup ini.

Dari empat laga yang mereka lewati, Jepang U-20 berhasil mencetak 22 gol tanpa kebobolan satu gol pun. Jepang U-20 menjadi tim paling subur di antara peserta kualifikasi yang lain, serta bersama Arab Saudi dan Iran sebagai tiga tim yang sama sekali tak kebobolan sepanjang babak kualifikasi.

Kegemilangan ini tak lepas dari racikan pelatih Koichi Togashi dan juga kontribusi para pemain J.League di dalamnya. Dari 23 pemain yang dipanggil, 19 di antaranya berasal dari tim-tim J.League ataupun tim muda klub J.League.

Hanya empat pemain yang tak berasal dari J.League, dengan keempat pemain ini berasal dari tim universitas di Jepang. Dari 19 nama pemain J.League, 13 di antaranya berasal dari tim level tertinggi alias J1 League, lima pemain dari J2 League, dan satu pemain dari kompetisi level ketiga alias J3 League.

Pemain dari J3 berasal dari klub FC Imabari, Kanta Chiba, pemain yang sebenarnya dipanggil akibat beberapa pemain depan Jepang U-20 mengalami cedera. Akan tetapi, Kanta Chiba menunjukkan kelasnya dengan mencetak sembilan dari 22 gol Jepang U-20.

Catatan ini juga menjadikan Chiba sebagai top skor di antara para pemain lain di kualifikasi Piala Asia U-20 ini, pesaing terdekatnya hanya mencetak enam gol yaitu Amir Ebrahimzadeh (Iran) dan Lee Young-jun (Korea Selatan). Sementara Isa Sakamoto dari Gamba Osaka menjadi pemain tersubur kedua bagi Jepang U-20 dengan koleksi tiga gol.

Sedangkan Sota Kitano (Cerezo Osaka), Issei Kumatoriya (Universitas Meiji), dan Jiro Nakamura (Gamba Osaka), masing-masing mencetak dua gol. Lalu ada Taichi Fukui (Sagan Tosu), Yoshiki Narahara (Sagan Tosu U-18), dan Riku Yamane (Yokohama F. Marinos) yang mencetak satu gol, dengan satu gol lain Jepang U-20 muncul dari bunuh diri pemain Yaman.

Gelaran Piala Asia U-20 akan menjadi edisi ke-38 Jepang U-20 lolos ke perhelatan ini. Prestasi terbaik mereka adalah menjadi juara pada edisi 2016 di Bahrain dengan mengalahkan Arab Saudi lewat adu penalti di partai final.

Di Piala Asia U-20 2023, Jepang U-20 akan masuk ke dalam pot 2 pembagian grup, hal yang membuat Samurai Biru mungkin akan bertemu tim-tim kuat lainnya di babak grup. Ada juga potensi bertemu Timnas Indonesia U-20 yang untuk sementara berada di Pot 3, meski berpotensi masuk ke Pot 2.

Gelaran Piala Asia U-20 akan dihelat di Bahrain tahun depan, tepatnya 1-18 Maret 2023, diikuti oleh 16 negara, termasuk Timnas Indonesia U-20. Empat tim terbaik alias semifinal akan mewakili Asia di Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung di Indonesia, dengan Timnas U-20 sudah memastikan diri lolos sebagai tuan rumah.

Piala Dunia U-20 2023 akan dihelat 20 Mei sampai 11 Juni 2023 mendatang di Indonesia, dengan ada lima wakil dari Asia dari 24 tim yang berlaga.

Daftar pemain timnas Jepang di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023:

Kiper

Yu Kanoshima (Universitas Ryutsu Keizai)
Ryoya Kimura (Universitas Nihon)
Ryusei Haruna (Cerezo Osaka U-18)

Belakang

Kota Kudo (Urawa Red Diamonds)
Shuta Kikuchi (V-Varen Nagasaki)
Shinya Nakano (Sagan Tosu)
Hayate Matsuda (Mito HollyHock)
Hayato Tanaka (Kashiwa Reysol)
Kota Takai (Kawasaki Frontale U-18)
Rikuto Kuwahara (Gamba Osaka)

Tengah

Takatora Einaga (Kawasaki Frontale)
Riku Yamane (Yokohama F. Marinos)
Jiro Nakamura (Gamba Osaka)
Kodai Sano (Fagiano Okayama)
Yusei Yashiki (Oita Trinita)
Taishin Yamazaki (Universitas Tsukuba)
Yoshiki Narahara (Sagan Tosu U-18)
Sota Kitano (Cerezo Osaka)
Kenshin Yasuda (Oita Trinita U-18)
Taichi Fukui (Sagan Tosu)

Depan

Isa Sakamoto (Gamba Osaka)
Issei Kumatoriya (Universitas Meiji)
Kanta Chiba (FC Imabari)

(krs/raw)

ADVERTISEMENT