Adaptasi Daisuke Sato dalam Strategi Luis Milla di Persib Bandung

ADVERTISEMENT

Adaptasi Daisuke Sato dalam Strategi Luis Milla di Persib Bandung

M. Dandyanto Pratomo - Sepakbola
Selasa, 27 Sep 2022 01:00 WIB
Daisuke Sato.
Daisuke Sato memainkan peran baru di bawah arahan Luis Milla. (Foto: Bima Bagaskara/detikJabar)
Jakarta -

Bek Persib Bandung asal Filipina, Daisuke Sato, yang memiliki darah Jepang, kini mengemban tugas baru di bawah arahan Luis Milla sebagai pelatih kepala.

Pemain berusia 28 tahun tersebut digeser posisinya dari bek kiri menjadi bek tengah. Hal itu membuat Sato kini disamakan dengan pemain anyar Manchester United, yakni Lisandro Martinez.

Dalam tiga laga terakhir Persib Bandung di Liga 1 musim ini, Luis Milla memakai formasi 3-4-3. Sato pun bermain sebagai bek tengah bersama Nick Kuipers, Rachmat Irianto atau Achmad Jufrianto.

Bermain di posisi barunya, Sato mampu menjalankan tugas dengan baik. Ia bermain agresif dan piawai redam serangan lawan. Dari catatan statistik sepanjang musim ini, Sato telah melakukan 30 kali intercept, 15 clearance, dan 19 tekel.

Sato mengakui menikmati tugas yang diberikan Luis Milla. Menurutnya, bermain di posisi apapun tidak masalah asal Maung Bandung bisa meraih kemenangan.

"Seperti yang selalu saya katakan, saya berada di tim ini (Persib) untuk memberikan yang terbaik. Saya siap ditempatkan di manapun. Saya senang dengan posisi baru saya selama tim bisa meraih kemenangan," ucap Sato, seperti dikutip detikJabar, Senin (26/9/2022).

Selain itu, ia menambahkan, bahwa permainan Persib Bandung dengan formasi tiga bek yang dibantu oleh peran wingback dapat membantu mereka bertahan dengan lebih kokoh.

"Ya tentu bagus bagi tim, seperti yang coach (Luis Milla) katakan bahwa hal yang pertama adalah kami harus bertahan dengan bagus. Karena setelah membangun pertahanan dengan bagus maka kami bisa melancarkan serangan dengan baik," tambahnya.

"Sebaliknya, jika tidak bertahan dengan baik maka kami tidak bisa melakukan serangan dengan baik. Kami harus bertahan lebih baik dari dulu sebagai tim. Dan terkait itu, kami sudah melakukan berada di jalur yang tepat," ujarnya.

Disamakan dengan Lisandro Martinez

Posisi barunya sebagai bek tengah membuat Daisuke Sato kini disebut-sebut mirip dengan bek Manchester United, yakni Lisandro Martinez. Kedua pemain tersebut memiliki penilaian yang tidak hanya dari posisi, juga dari postur tubuh.

Sato dan Martinez sama-sama memiliki tinggi badan yang sama yakni 170 cm. Postur itu acap kali disebut tidak ideal bagi seorang bek tengah. Namun keduanya punya visi bermain yang sama, tak mudah menyerang saat berduel dengan pemain lawan.

Sato pun senang banyak yang disebut mirip dengan pemain asal Argentina itu. "Iya ada banyak orang yang mengatakan itu dan tentu saja saya merasa senang karena orang-orang yang menyamakan saya dengan seorang pemain yang bagus (Martinez)," tulisnya.

Sato mengakui dirinya memang kerap mencari referensi dari pemain-pemain dunia. Hal itu dilakukan agar ia bisa meningkatkan performanya dari setiap pertandingan pertandingan.

"Saya selalu mencari referensi dari pemain-pemain bagus, cuplikan permainannya dan saya terus berusaha menjadi lebih baik lagi. Ada banyak ruang untuk berbenah. Saya senang ada banyak orang yang menilai saya seperti itu, tapi di sisi lain saya juga masih harus banyak memperbaiki diri," tulisnya.

Artikel ini telah tayang di detikJabar dengan judul "Perubahan Daisuke Sato hingga Disebut Mirip Lisandro Martinez".



Simak Video "Legenda Persib Gelar Salat Gaib dan Doakan Korban Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/rin)

ADVERTISEMENT