Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Sedih Sekaligus Geram

ADVERTISEMENT

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Sedih Sekaligus Geram

Afif Farhan - Sepakbola
Minggu, 02 Okt 2022 09:18 WIB
Suporter Arema FC memasuki lapangan setelah tim yang didukungnya kalah dari Persebaya dalam pertandingan sepak bola BRI Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/tom.
Foto: ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTO
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil soroti 'Tragedi Kanjuruhan'. Kang Emil berduka atas tewasnya ratusan nyawa dan geram karena rating TV yang bikin laga main malam hari.

Arema FC tumbang dari Persebaya Surabaya 2-3 dalam laga yang bertajuk Derby Jawa Timur pada lanjutan Liga 1 2022 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). Suporter tuan rumah yang tak terima kekalahan tim kesayangannya langsung mengamuk selepas laga.

Para suporter masuk ke lapangan, situasi selanjutnya tidak terkendalikan. Pihak kepolisian melepas gas air mata, kemudian para penonton berdesak-desakan keluar.

Kapolda Jawa Timur Nico Afinta menginformasikan bahwa 127 orang meninggal dunia dalam insiden ini. Ada yang tewas di stadion, ada juga yang tewas saat perjalanan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

Lewat media sosial, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyampaikan bela sungkawa. Kang Emil, sedih atas tragedi tersebut.

"Sungguh ini adalah tragedi terbesar dalam perhelatan olahraga di Indonesia. Turut berduka cita atas meninggalnya 127 penonton dan aparat petugas. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran," tulisnya.

"Semua dari kita harus berintrospeksi atas tragedi ini. Tujuan berolahraga, pembelajaran menerima kemenangan atau kekalahan, profesionalitas kepanitiaan sebuah kegiatan olahraga, teknik pengamanan dll," sambungnya.

Ridwan Kamil menutup dengan rasa geram. Dirinya menyindir pihak TV yang memaksa pertandingan selalu main di malam hari.

"Jangan selalu kejar demi rating TV dengan memaksa pertandingan selalu malam hari. Semoga kita belajar dan mengambil hikmah dari semua ini. Hatur Nuhun," tutupnya.

--baca juga

(aff/mrp)

ADVERTISEMENT