Alasan PSSI Tetap Gelar Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

ADVERTISEMENT

Alasan PSSI Tetap Gelar Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

Muhammad Robbani - Sepakbola
Minggu, 02 Okt 2022 17:20 WIB
Logo PSSI
Imbas Tragedi Kanjuruhan, PSSI Perketat Keamanan di Kompetisi Lain (Foto: Hasan Al Habshy/detikSport)
Jakarta -

PSSI cuma menunda gelaran Liga 1 2022 imbas Tragedi Kanjuruhan. Liga 2, Liga 3, dan kompetisi Elite Pro Academy (EPA) masih tetap akan berlangsung.

Tragedi Kanjuruhan tidak melumpuhkan semua kegiatan sepakbola nasional. Sementara kegiatan lainnya tetap akan berlangsung sesuai jadwal dengan keamanan yang akan diperketat.

Sejauh ini PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) hanya memutuskan menunda gelaran Liga 1 saja. Tapi PSSI berjanji melakukan evaluasi agar kejadian serupa tidak terjadi pada gelaran sepakbola lainnya.

"Ya yang jelas untuk dihentikan kompetisi Liga 1. Kompetisi lainnya tetap dilanjutkan dan tentu saya PT LIB untuk Liga 2 sudah memberikan instruksi kepada Panpel, untuk mengambil langkah-langkah antisipatif. Dan untuk Elite Pro Academy, kita ketahui bersama ini hanya untuk anak-anak, hari ini juga final (EPA U-16 dan U-18). Kami yakin bahwa final di sore hari ini berjalan dengan lancar karena juga tanpa penonton untuk EPA U-16 dan U-18," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi saat memberikan keterangan di Jakarta, Minggu (2/10/2022).

"Kemudian AFC (Kualifikasi Piala Asia U-17 2022) yang saat ini berlangsung mulai kemarin, kemudian tanggal 3, tanggal 5, tanggal 7, dan tanggal 9 (Oktober) di Pakansari tetap kami lanjutkan. Teman-teman dari peserta juga sudah menanyakan kami, dan kami sampaikan tetap dilanjutkan, tentu dengan rujukan dan dasar bahwa sama tidak ada rivalitas di sana, di Pakansari," ujarnya menambahkan.

Sementara itu, PSSI belum memutuskan terkait kehadiran penonton pada laga Timnas Indonesia U-17 pada Kualifikasi Piala Asia U-17. Tim asuhan Bima Sakti akan melawan Guam pada laga pertama, Senin (3/10).

Yang jelas PSSI baru bisa memastikan laga Timnas U-17 Vs Guam akan tetap berjalan. Tapi belum diketahui apakah laga tersebut akan bisa dihadiri penonton atau tidak.

Sementara itu salah satu kelompok besar suporter Timnas Indonesia yakni La Grande Indonesia sudah memastikan akan memboikot laga Timnas U-17. Sedangkan Ultras Garuda Indonesia sejauh ini belum menyampaikan sikapnya.

"Kecuali tim Indonesia bermain (Timnas U-17), maka ini juga kami koordinasikan dengan pihak keamanan," ucap Yunus Nusi.

"Oke ya, terima kasih rekan-rekan. Sambil juga nanti menunggu apa yang disampaikan oleh ketua umum dan pengurus di Malang, mudah-mudahan juga sore atau malam ini sudah bisa kita dengar bersama-sama," tutupnya.

(aff/cas)

ADVERTISEMENT