PSSI Yakin Tidak Akan Kena Sanksi FIFA, Ini Alasannya

ADVERTISEMENT

PSSI Yakin Tidak Akan Kena Sanksi FIFA, Ini Alasannya

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 06 Okt 2022 15:17 WIB
Logo PSSI
Komunikasi dengan FIFA Bagus, PSSI Yakin Tidak Kena Sanksi (Foto: Hasan Al Habshy/detikSport)
Jakarta -

PSSI yakin tak akan mendapatkan sanksi dari FIFA. Federasi terus menjalin komunikasi dan memberikan laporan dengan baik dengan badan sepakbola dunia itu.

Tragedi Kanjuruhan diduga akan mengancam Indonesia terkena sanksi dari FIFA. Timnas Indonesia dan Timnas Indonesia U-20 bisa terkena dampaknya jika itu terjadi.

Sebab Timnas Indonesia akan bermain di Piala Asia 2023. Sementara Timnas U-20 juga memastikan lolos ke Piala Asia U-20 2023.

Selain itu, status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 juga bisa terkena dampaknya. Tapi PSSI yakin FIFA tak akan menjatuhkan sanksi buat Indonesia.

"Kalau dari saya pribadi selagi komunikasinya kita bangun terus, selagi kita juga mendapat masukan, kalau komunikasi kita bangun kemudian kan kita mendapat feedback dan kita menjalankan poin demi poin yang disampaikan oleh FIFA dan AFC, Insyaallah sanksi bisa kita hindari," kata Wasekjen PSSI Maaike Ira Puspita, kepada wartawan.

Maaike juga mengungkapkan isi surat dari FIFA ke PSSI terkait Tragedi Kanjuruhan. Ia menegaskan FIFA sama sekali tak menyinggung potensi sanksi yang akan didapatkan Indonesia.

Terlepas dari itu, FIFA dan AFC nantinya akan datang ke Indonesia. Tapi tujuan kedatangan itu bukan untuk melakukan investigasi.

"Surat dari presiden FIFA (Gianni Infantino) sama sekali tidak ada membahas sanksi, hanya belasungkawa. Dan juga Presiden FIFA bersama dengan PSSI memberikan support. Dari AFC juga sama dan mereka meminta kronologi. Jadi tak ada obrolan sanksi sama sekali yang secara tertulis," tutur Maaike.

"Insyaallah minggu depan (FIFA dan AFC datang). Datangnya bertahap, FIFA dulu. Kira-kira tidak lebih dari lima orang," ucapnya.

(aff/krs)

ADVERTISEMENT