Bima Sakti Minta Maaf Timnas U-17 Kalah Telak dari Malaysia

ADVERTISEMENT

Bima Sakti Minta Maaf Timnas U-17 Kalah Telak dari Malaysia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 10 Okt 2022 05:40 WIB
Jakarta -

Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti meminta maaf setelah kekalahan telak dari Malaysia. Garuda Asia takluk 1-5 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Timnas U-17 sebenarnya hanya butuh hasil imbang untuk lolos, dalam laga di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Minggu (9/10/2022). Tapi Arkhan Kaka Cs malah kebobolan lima gol di babak pertama dan cuma bisa membalas satu gol di penghujung laga.

Gol-gol Malaysia dicetak oleh Zainurhakimi Zain, Arami Wafiy (brace), Anjasmirza Saharudin, dan Afiq Danish. Sementara gol Timnas U-17 dicetak oleh Arkhan Kaka.

Kekalahan ini membuat Timnas U-17 gagal lolos ke putaran final. Selain gagal lolos dari jalur juara grup, Indonesia juga tak bisa melaju dari jalur enam runner-up terbaik.

"Saya menyampaikan mohon maaf kepada semua pecinta sepakbola Indonesia atas hasil tidak memuaskan ini. Kecewa sedih pasti," kata Bima Sakti, saat memberikan keterangan seusai laga.

"Saya bilang ke pemain agar bisa mengambil pelajaran dan pengalaman dari turnamen ini untuk mereka ke depan. Karena karier mereka masih panjang. Ini tanggung jawab saya sebagai pelatih," ujarnya menambahkan.

Dalam laga ini Timnas U-17 bermain tanpa kapten Muhammad Iqbal. Ia absen karena akumulasi kartu kuning.

Tapi Bima Sakti tak mau menyebut kekalahan timnya disebabkan absennya Iqbal. Ia memasang badan bahwa kekalahan disebabkan kesalahannya dalam memasang strategi dan perhitungan.

"Sebenarnya di tim ini tidak ada pemain bintang. Peran Iqbal sangat penting, tetap kami juga sudah beberapa kali uji coba dengan tim-tim lain di Yogyakarta, dengan mencoba tanpa Iqbal," ucap Bima Sakti.

"Juga bermain tanpa (Arkhan) Kaka, Kafiatur (Rizky), tapi memang pressure tadi (Vs Malaysia U-17) sangat tinggi. Atmosfer sangat memengaruhi, masuknya gol Malaysia dari satu sampai lima itu yang membuat kami sedikit tegang," ucapnya.

(raw/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT