Hasani Abdulgani Luruskan Kabar Exco PSSI Sepakat Mundur Lewat KLB

ADVERTISEMENT

Hasani Abdulgani Luruskan Kabar Exco PSSI Sepakat Mundur Lewat KLB

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 31 Okt 2022 13:55 WIB
Anggota exco PSSI, Hasani Abdulgani
Anggota exco PSSI, Hasani Abdulgani (Foto: Muhammad Robbani/detikSport)
Jakarta -

Hasani Abdulgani meluruskan kabar soal semua Komite Eksekutif (Exco) PSSI sepakat bakal mengundurkan diri lewat Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI.

Beredar kabar kalau semua anggota Exco PSSI akan mengundurkan diri. Saat ini mereka memang didesak untuk meninggalkan jabatannya sebagaimana direkomendasikan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF).

Kemudian salah seorang anggota Exco PSSI yakni Hasani Abdulgani mengakui bahwa hal itu akan terjadi pada KLB. Menurut aturan, hal itu memang sesuatu yang otomatis akan terjadi karena KLB menjadi penanda masa akhir jabatan seorang Exco PSSI.

"KLB itu memilih (anggota) Exco dan Ketua Umum yang baru. Artinya yang lama otomatis habis masa baktinya," kata Hasani kepada detikSport.

Jadi pengunduran diri anggota Exco nantinya memang sesuatu yang alamiah terjadi di dalam KLB. Dengan kata lain, Exco PSSI bukannya sepakat mengundurkan diri di tengah masa jabatannya lewat KLB. Pada saat KLB berlangsung nanti, masa bakti Exco PSSI saat ini memang sudah otomatis habis.

Sementara itu, Hasani Abdulgani enggan membocorkan rencana ia ataupun anggota Exco lainnya dalam bursa pencalonan pada KLB mendatang. Ada anggapan KLB akan sia-sia jika orang lama lagi yang kembali masuk dan terpilih masuk ke PSSI.

"Kalau menurut statuta, kalau sudah 3 kali menjadi berarti Exco dilarang mendaftar lagi. Di luar itu siapa saja boleh," ujar Hasani.

Sebagai informasi, jabatan ketua umum, wakil ketua umum, adalah bagian dari jajaran Exco. Jadi Exco bukan hanya diisi oleh Yoyok Sukawi Cs yang jumlahnya 12 orang itu.

Jika ditambah Ketua (Mochamad Iriawan), Wakil Ketua I (Iwan Budianto), dan Wakil Ketua II (Cucu Soemantri), maka jumlah Exco adalah 15 orang.

(aff/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT