Pengambilan Sumpah Sandy Walsh dan Jordi Amat Mungkin Via Virtual

ADVERTISEMENT

Pengambilan Sumpah Sandy Walsh dan Jordi Amat Mungkin Via Virtual

Mercy Raya - Sepakbola
Rabu, 09 Nov 2022 20:15 WIB
Sandy Walsh
Sandy Walsh, salah satu pemain keturunan yang akan segera resmi membela timnas Indonesia. Foto: Instagram @sandywalsh
Jakarta -

Sandy Walsh dan Jordi Amat kian dekat resmi membela Timnas Indonesia. Pengambilan sumpah mereka sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) mungkin akan dilakukan secara virtual mengingat keduanya masih berkompetisi.

Pernyataan itu disampaikan Menpora Zainudin Amali usai menerima salinan Keputusan Presiden Nomor 5/PWI Tahun 2022 tentang Pemberian Kewarganegaraan Republik Indonesia kepada Sandy Walsh dan Nomor 6/PWI Tahun 2022 untuk Jordi Amat.

"Saya baru saja menerima Keppres tentang Jordi Amat dan Sandy Walsh itu sudah ditandatangani. Tinggal proses Shayne Pattynama itu yang masih berjalan," kata Amali di Kantor Kemenpora, pada Rabu (9/11/2022).

Menpora Zainudin Amali memperlihatkan salinan Keputusan Presiden Nomor 5/PWI Tahun 2022 tentang Pemberian Kewarganegaraan Republik Indonesia kepada Sandy Walsh dan Nomor 6/PWI Tahun 2022 untuk Jordi Amat.Menpora Zainudin Amali memperlihatkan salinan Keputusan Presiden Nomor 5/PWI Tahun 2022 tentang Pemberian Kewarganegaraan Republik Indonesia kepada Sandy Walsh dan Nomor 6/PWI Tahun 2022 untuk Jordi Amat. Foto: Mercy Raya/detikcom

Kendati sudah menerima salinan Keppres, Menpora asal Gorontalo itu mengatakan belum bisa memastikan waktu pengambilan sumpah kedua pemain.

"Belum tahu karena itu bukan ranah kami, itu ada di ranah Kemenkumham. Tapi karena kompetisi masih jalan, dugaan saya mereka akan disumpah secara virtual," tuturnya.

"Karena tidak memungkinkan mereka meninggalkan kompetisi yang sedang jalan dan itu (pengambilan sumpah virtual) memungkinkan ya karena kita sudah pernah dilakukan," kata Amali.

Seperti diketahui, Sandy Walsh tercatat sebagai anggota klub Liga Belgia, Mechelen. Ia sulit untuk dilepas karena kompetisi di Eropa sedang berlangsung. Sementara Jordi Amat bermain di klub raksasa Malaysia Johor Darul Takzim (JDT).

Lantas bagaimana dengan Shayne Pattynama, Amali menegaskan, sepanjang syarat administrasi bisa terpenuhi maka Keppresnya juga bakal turun.

"Proses (naturalisasi) akan cepat sepanjang persyaratan administrasi terpenuhi maka Keppresnya akan turun. Tapi untuk disumpah berbarengan bertiga (dengan Jordi dan Sandy), saya kira Jordi dan Sandy yang lebih dulu," kata Amali.

"Ya, kami berharap bisa bermain di Piala AFF. Saya juga usahakan bisa segera," tambahnya soal peluang ketiganya main event sepakbola se-Asia Tenggara tersebut.

(mcy/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT