Piala AFF: PSSI Pilih Stadion Patriot Chandrabhaga buat Timnas

ADVERTISEMENT

Piala AFF: PSSI Pilih Stadion Patriot Chandrabhaga buat Timnas

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 18 Nov 2022 19:30 WIB
Pesepak bola Tim Nasional Indonesia U-19 Ronaldo Kwateh (kiri) menguasai bola dengan dikawal dua pesepak bola Tim Nasional Filipina U-19 dalam laga penyisihan Grup Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/7/2022). Indonesia menang dengan skor 5-1. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.
Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Jakarta -

PSSI pada akhirnya memilih Stadion Patriot Chandrabhaga, Kota Bekasi, sebagai kandang Timnas Indonesia. Venue tersebut akan dipakai untuk Piala AFF 2022.

Hal itu diungkapkan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Endri Erawan perihal pemilihan Stadion Patriot. Stadion berkapasitas 30 ribu itu dinilai sebagai yang paling siap.

Sebelumnya muncul beberapa kandidat kandang Timnas Indonesia di Piala AFF. Mulai dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Stadion Pakansari, hingga Jakarta International Stadium.

"Rencananya Stadion Patriot Candrabhaga. Alasannya mungkin karena stadion ini lebih siap. Insyaallah lawan Kamboja dan Thailand bergulir di sana," kata Endri Erawan kepada wartawan, Jumat (18/11/2022).

Sebenarnya SUGBK menjadi favorit untuk menggelar laga kandang Timnas Indonesia. Tapi wacana penggunaan SUGBK menjadi polemik antara Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK-GBK) dengan Kemenpora.

Pihak Kemenpora, dalam hal ini Menpora Zainudin Amali menyebut kalau SUGBK harus steril enam bulan sebelum Piala Dunia U-20 2022. Tetapi pihak PPK-GBK berpendapat SUGBK bisa dipakai Timnas Indonesia dengan alasan venue Piala Dunia U-20 cuma perlu ditutup pada H-14 berdasarkan regulasi dari FIFA.

Adapun Timnas Indonesia akan segera menggelar Pemusatan Latihan (TC). Pulau Bali dipilih PSSI menjadi lokasi TC Garuda menuju Piala AFF.

"TC Timnas Indonesia rencananya akan dilakukan di Bali. TC akan dimulai pada 4-22 Desember 2022 mendatang," ucap Endri Erawan.

(aff/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT