Piala AFF 2022: PSSI Pilih Stadion Patriot ketimbang JIS karena...

ADVERTISEMENT

Piala AFF 2022: PSSI Pilih Stadion Patriot ketimbang JIS karena...

Muhammad Robbani - Sepakbola
Minggu, 20 Nov 2022 17:23 WIB
Petugas medis menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) memeriksa kondisi pasien COVID-19 yang berstatus OTG (Orang Tanpa Gejala) saat kegiatan berjemur dan olahraga di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin  (21/12/2020). Kegiatan pemeriksaan kesehatan, berjemur dan berolahraga tersebut rutin dilakukan setiap pagi hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh pasien yang menjalani isolasi.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

PSSI mengungkap alasan memilih Stadion Patriot Chandrabhaga buat kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Padahal JIS hingga SUGBK lebih difavoritkan.

Stadion Patriot akhirnya dipilih sebagai lokasi kandang Timnas Indonesia di Piala AFF mendatang. Stadion berkapasitas 30 ribu itu dinilai sebagai yang paling siap.

Sebelumnya muncul beberapa kandidat kandang Timnas Indonesia di Piala AFF. Mulai dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Stadion Pakansari, hingga Jakarta International Stadium (JIS).

Sementara Stadion Utama Gelora Bung Karno dan JIS lebih digadang-gadang ketimbang Stadion Patriot. PSSI pun mengungkapkan alasan tak memilih JIS untuk Piala AFF 2022.

"Kalau untuk JIS, pertama kita belum pernah pakai pertandingan di sana ya. Jadi belum terbiasa. Apalagi ini kelasnya sudah Asia Tenggara, takutnya kita belum siap untuk melaksanakan di sana," kata anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Endri Erawan, kepada wartawan.

Sebenarnya SUGBK menjadi favorit untuk menggelar laga kandang Timnas Indonesia. Tapi wacana penggunaan SUGBK menjadi polemik antara Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK-GBK) dengan Kemenpora.

Pihak Kemenpora, dalam hal ini Menpora Zainudin Amali menyebut kalau SUGBK harus steril enam bulan sebelum Piala Dunia U-20 2022. Tetapi pihak PPK-GBK berpendapat SUGBK bisa dipakai Timnas Indonesia dengan alasan venue Piala Dunia U-20 cuma perlu ditutup pada H-14 berdasarkan regulasi dari FIFA.

Sementara JIS juga sempat disebut akan menjadi kandidat kandang Garuda. Ketum PSSI Mochamad Iriawan sempat menyebut stadion di Jakarta Utara itu masuk pertimbangan PSSI.

Tapi pada akhirnya bukan SUGBK atau JIS yang dipilih PSSI untuk Piala AFF 2022. Stadion Patriot yang berkapasitas 30 ribu penonton dipilih ketimbang SUGBK dan JIS.

"Jadi karena teman-teman panitia sudah terbiasa melaksanakan di Stadion Patriot dan beberapa stadion yang lain, mungkin lebih amannya kami pilih untuk bermarkas di sana dulu," tutur Endri Erawan.

Adapun Timnas Indonesia akan segera menggelar Pemusatan Latihan (TC). Pulau Bali dipilih PSSI menjadi lokasi TC Garuda menuju Piala AFF.

(krs/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT