Nasib Naturalisasi Rafael Struick dan Zico Soree buat Timnas U-20

ADVERTISEMENT

Nasib Naturalisasi Rafael Struick dan Zico Soree buat Timnas U-20

Muhammad Robbani - Sepakbola
Minggu, 27 Nov 2022 20:30 WIB
Logo Timnas Indonesia
Foto: dok.Istimewa
Jakarta -

Dua pemain keturunan baru di Timnas Indonesia U-20 Rafael Struick dan Zico SoreeZico Soree belum tentu dinaturalisasi. Nasibnya keduanya akan ditentukan Shin Tae-yong.

Rafael dan Zico bergabung dalam Pemusatan Latihan (TC) Timnas U-20 pada 19 November. Keduanya juga dilibatkan dalam empat laga uji coba bersama Timnas U-20.

Meski begitu, status keduanya sebagai pemain keturunan tak membuat PSSI menggaransi untuk mengurusnya menjadi Warga Negara Indonesia lewat proses naturalisasi. Hanya pemain yang benar-benar berkualitas untuk direkrut.

"Kami masih menunggu surat dari Shin Tae-yong, apakah Rafael dan Zico itu oke atau tidak. Kalau oke, PSSI akan menindaklanjutinya," kata Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, kepada wartawan.

Zico merupakan penyerang yang kini bermain untuk PEC Zwolle U-21 di Belanda. Sementara Rafael adalah pemain sayap ADO Den Haag, tim yang berkompetisi di strata kedua di Belanda.

Sebelumnya, PSSI sudah lebih dulu mendatangkan Ivar Jenner dan Justin Hubner ke Indonesia. Keduanya juga lebih dulu dilibatkan TC Timnas U-20 sejak masih berada di Turki.

Keduanya mendapat rekomendasi langsung dari Shin Tae-yong yang mau mereka menjadi bagian Timnas U-20. Tapi untuk Rafael dan Zico masih akan dilakukan pertimbangan terlebih dahulu.

"Kalau dua pemain itu (Ivar dan Justin) sudah diurus naturalisasinya," ujar Indra Sjafri.

(aff/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT