Liga 1 Kembali Bergulir, Ketum PSSI: Terima Kasih Pak Jokowi

ADVERTISEMENT

Liga 1 Kembali Bergulir, Ketum PSSI: Terima Kasih Pak Jokowi

Tim Detikcom - Sepakbola
Selasa, 06 Des 2022 07:40 WIB
Ketum PSSI Mochamad Iriawan
Ketum PSSi Mochamad Iriawan sebelum kickoff PSIS vs Madura United (dok.PSSI)
Solo -

Liga 1 2022 bergulir lagi setelah dua bulan lebih vakum. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berterima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo dan juga suporter.

Lanjutan putaran pertama Liga 1 2022/2023 secara serempak digelar, Senin (5/12/2022), dengan menggunakan sistem bubble di DI Yogyakarta dan Jawa Tengah. Seluruh laga sejauh ini belum bisa dihadiri penonton, lantaran imbas dari Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu.

Empat Stadion telah ditunjuk oleh PT LIB sebagai venue lanjutan Liga 1, yakni, Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Sultan Agung (Bantul).

Setelah melalui negosiasi yang alot, liga akhirnya bisa bergulir lagi setelah mendapat rekomendasi dari Menko Polhukan Mahfud MD dan Menpora Zainudin Amali, serta turunnya izin bertanding dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Bagi PSSI, keputusan ini melegakan hati para pengurus yang selama dua bulan ini tertekan karena Tragedi Kanjuruhan. Mereka masih terus mengusut tuntas kasus itu sambil juga mengupayakan akan liga bergulir lagi.

Sebab, kompetisi Liga 1 begitu penting bagi roda perekonomian Indonesia yang lagi bangkit usai dihantam Pandemi Covid-19. Sebab banyak pihak yang menggantungkan hidupnya pada sepakbola.

Tak lupa juga PSSI mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah dan tentunya para suporter.

"Alhamdulillah. Terima kasih Bapak Presiden Joko Widodo, terima kasih bapak Menko Polhukam Mahfud MD, terima kasih Bapak Menpora Zainudin Amali, terima kasih bapak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, terima kasih kepada para tim, terima kasih kepada para suporter, terima kasih kepada segenap awak media dan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia pecinta sepakbola atas kembali digelarnya sisa laga Liga 1 musim ini," ujar Iriawan di Stadion Manahan Solo, Senin (5/12/2022).

"Lebih dari 120 ribu orang menggantungkan diri dari sepakbola, baik itu ofisial, wasit, pemain, kitman, pelatih, pelaku UMKM. Mereka hidup dari sepakbola," kata Iriawan dalam rilis kepada detikSport.

Sebelum kickoff laga Madura United vs PSIS Semarang, Iriawan membawa bucket bunga ke tengah lapangan dan memimpin prosesi mengheningkan cipta.

"Kita patut bersyukur kembali digelarnya sisa Liga pada musim ini, namun di satu sisi kita pun masih sangat berduka atas tragedi Kanjuruhan beberapa waktu lalu, akan tetapi sepakbola harus terus bergulir, karena tak sedikit orang yang bergantung hidup dari sepakbola ini. Oleh karena itu, saya mengatakan kepada para pemain di ruang ganti tadi agar bermain dengan sportif," Iriawan menambahkan.

Simak Video '3 Hal Terkait Liga 1 yang Lanjut Lagi Pasca-Tragedi Kanjuruhan':

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT