Iwan Bule Yakinkan Stakeholder untuk Lanjutkan Liga 1

ADVERTISEMENT

Iwan Bule Yakinkan Stakeholder untuk Lanjutkan Liga 1

Randy Prasatya - Sepakbola
Selasa, 06 Des 2022 02:00 WIB
PSSI dan PT LIB membuka lanjutan Liga 1 2022/2023.
Iwan Bule selaku Ketum PSSI yakinkan stakeholder untuk lanjutkan Liga 1 (dok. PSSI)
Jakarta -

Liga 1 2022/2023 yang sempat terhenti sudah bisa digelar lagi. Ini tak lepas dari peran Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, meyakinkan pihak-pihak terkait untuk melanjutkan kompetisi.

Lanjutan putaran pertama Liga 1 2022/2023 secara serempak digelar, Senin (5/12/2022), dengan menggunakan sistem bubble di DI Yogyakarta dan Jawa Tengah. Seluruh laga sejauh ini belum bisa dihadiri penonton, lantaran imbas dari tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu.

Empat Stadion telah ditunjuk oleh PT LIB sebagai venue lanjutan Liga 1, yakni, Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Sultan Agung (Bantul).

Keberlangsungan Liga 1 ini terjadi setelah keluarnya izin dari Kepolisian ditambah pengumuman yang dilakukan oleh Menko Polhukam Mahfud MD, Menpora Zainudin Amali, dan Kapolri Jenderal Sigit Listyo Prabowo pada Senin (5/12/2022) sore, sehingga kian menguatkan keberlanjutan Liga 1.

"Tentunya dari awal Kepolisian Republik Indonesia sangat mendukung iklim kompetisi dan kegiatan olahraga khususnya sepakbola di Indonesia," ucap Kapolri saat menggelar konferensi pers bersama dengan Menko Polhukam Mahfud MD dan Menpora Zainudin Amali.

Terkait dengan adanya peristiwa beberapa waktu yang lalu di Kanjuruhan dan adanya perintah dari Presiden Jokowi, Kapolri menambahkan pihaknya melakukan evaluasi secara tuntas dari penyelenggaraan hingga kesiapan dari stadion serta sistem pengamanan.

"Maka kami telah melakukan rapat koordinasi beberapa kali dengan kementerian terkait untuk melakukan perbaikan sesuai dengan arahan Bapak Presiden, termasuk khusus Polri beberapa waktu telah mengeluarkan Perpol no 10 tahun 2022 terkait tentang pengamanan olahraga dan di dalamnya termasuk pengamanan penyelenggaraan sepakbola," tuturnya.

"Sesuai dengan kesepakatan, maka kami Polri mendukung untuk dilanjutkannya sisa kompetisi serta mendukung pelaksanaan kegiatan sepakbola," tambah Kapolri.

Kembali bergulirnya Liga 1 pasca tragedi Kanjuruhan itu tak terlepas dari kegigihan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan yang mampu melakukan komunikasi yang apik dan intensif dengan berbagai stakekholder. Komunikasi PSSI itu melibatkan kementerian Kemenkopolhukam, Kemenpora, Kemen PUPR, serta Mabes Polri dan lembaga lainnya.

Hal itu dilakukannya lantaran menurutnya, melalui berputarnya kembali roda kompetisi sepakbola mampu menghidupi orang banyak, di samping para pemain yang akan membela Timnas Indonesia dalam kondisi fit dan juga tetap berkembang setelah menjalani pemusatan latihan, di mana pada sektor senior akan menghadapi AFF Mitsubishi Electric Cup 2022, Piala Asia U-20 2023, Piala Dunia U-20 2023, dan Piala Asia 2023.

"Lebih dari 120 ribu orang menggantungkan diri dari sepakbola, baik itu ofisial, wasit, pemain, kitman, pelatih, pelaku UMKM. Mereka hidup dari sepakbola," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu juga mengecek langsung ke lapangan terkait komitmen PT LIB yang mulai menggelar lanjutan Liga 1 dengan sistem bubble ini, sekaligus dapat menyesuaikan dengan dinamisnya peraturan-peraturan dari kepolisian yang akan diselaraskan mulai dari proses izin, pelaksanaan pertandingan hingga evaluasi.

Simak Video '3 Hal Terkait Liga 1 yang Lanjut Lagi Pasca-Tragedi Kanjuruhan':

[Gambas:Video 20detik]



(ran/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT