Hasil Liga 1: Persebaya Menang Comeback Atas Barito Putera

ADVERTISEMENT

Hasil Liga 1: Persebaya Menang Comeback Atas Barito Putera

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 06 Des 2022 17:27 WIB
Logo Liga 1, Logo Bri Liga 1, BRI Liga 1
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Persebaya Surabaya berhasil meraih kemenangan 3-2 atas Barito Putera pada pekan ke-12 Liga 1 2022. Bajul Ijo comeback setelah sempat tertinggal 0-1.

Dua tim mengawali laga dengan tempo yang relatif sedang dan berhati-hati dalam menyusun serangan dalam laga di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (6/12/2022). Bola lebih banyak berkutat di lini tengah, sehingga minim peluang tercipta dalam 10 menit awal laga.

Meski begitu gawang Persebaya harus kebobolan menit ke-14 lewat gol pemain Barito Putera Rafael Silva. Memanfaatkan crossing matang Rizky Pora, Rafael Silva yang lolos dari pengawalan berhasil lepaskan heading yang mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Barito Putera.

Tersengat gol tersebut, Persebaya pun mencoba keluar menekan dan terus mengurung pertahanan Barito Putera. Tapi hingga menit ke-30an tak kunjung menghasilkan bisa mencari gol penyeimbang akibat lini pertahanan Barito yang masih disiplin.

Persebaya terus menekan mencari gol penyama kedudukan dalam 15 menit akhir babak pertama. Namun upaya-upaya serangan yang dibangun tim asuhan Aji Santoso selalu menemui kegagalan.

Gawang Persebaya malah sempat terancam pada menit ke-41. Beruntung kiper Persebaya Ernando Ari, masih bisa menggagalkan sepakan keras Rafi Syarahil.

Persebaya masih melanjutkan tekanannya saat babak kedua dimulai. Hasilnya pun langsung didapat Bajul Ijo.

Leo Lelis membawa Persebaya menyamakan kedudukan menjadi 1-1 saat babak kedua baru berjalan dua menit. Bek asal Brasil itu melakukan sebuah sundulan yang menyambut tendangan sudut dari Higor Vidal.

Empat menit berselang Persebaya balik unggul 2-1. Frank Sokoy mencetak gol bunuh diri saat berupaya menyapu umpan cut-back dari Vidal.

Rizky Pora punya peluang emas untuk membawa Barito menyamakan kedudukan. Menerima umpan silang, Rizky Pora gagal mengarahkan bola ke gawang saat berdiri bebas di depan gawang pada menit ke-63.

Sekitar 10 menit kemudian Persebaya juga mengancam. Tendangan Silvio Junior masih mengenai tiang gawang setelah melakukan aksi individu.

Leo Lelis mencetak brace pada menit ke-76 lewat skema tendangan bebas yang membawa Persebaya menambah keunggulan menjadi 3-1. Eksekusi Leo Lelis sebenarnya membentur tiang, tapi eks Persiraja Banda Aceh itu langsung menyambar bola lagi dengan tendangan keras yang tak bisa ditahan kiper Barito Nor Halid.

Buyung Ismu membawa Barito memperkecil kedudukan menjadi 2-3 pada menit ke-82. Pemain bernomor punggung 28 itu meliuk-liuk di kotak penalti dan melepaskan tendangan melengkung ke tiang jauh yang tak bisa dijangkau Ernando Ari.

Barito punya peluang untuk menyamakan kedudukan. Tapi peluang yang didapat Buyung Ismu di depan gawang tak mampu dimaksimalkan, tendangannya malah melambung di atas mistar jelang waktu normal berakhir.

Skor 3-2 untuk kemenangan Persebaya bertahan sampai usai. Hasil ini membuat Bajul Ijo naik ke peringkat ke-8 dengan torehan 16 poin.

Sementara Barito makin terpuruk di zona degradasi, tepatnya urutan ke-17 dengan hanya mengoleksi lima angka. Rizky Pora Cs baru sekali menang dan belum pernah meraih tiga poin dalam sembilan pertandingan terakhir.

Susunan pemain:

Persebaya Surabaya: 21-Ernando Ari Sutaryadi; 33-Koko Ari (Arief Catur 81'), 44-Riswan Lauhin, 4-Leo Lelis, 37-Alta Ballah; 96-M Hidayat, 8-Andre Oktaviansyah (Brylian Aldama 46'), 88-Alwi Slamat; 14-Sho Yamamoto, 94-Silvio Junior Juninho, 10-Higor Vidal.

Barito Putera: 1-Nor Halid; 66-Bagas Kaffa, 47-Donni Monim, 36-Renan Alves, 25-FR Sokoy; 13-Bayu Pradana (Nazar Nurzaidin 85'), 27-Muhammad Reza, 15-Rafi Syarahil (Lutfi Kamal 66'); 26-Rizky Pora (Ferdiansyah 66'), 11-Rafael Silva (Buyung Ismu 46').

(aff/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT