DetikSepakbola
Jumat 20 Oktober 2017, 12:43 WIB

Jelang Liga Inggris

Sulitnya Liverpool untuk Spurs

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Sulitnya Liverpool untuk Spurs Foto: Clive Brunskill/Getty Images Sport
London - Tottenham Hotspur punya tantangannya tersendiri saat menjamu Liverpool akhir pekan ini. Catatan pertemuan mereka sedang buruk melawan anak-anak Merseyside.

Spurs akan menjamu Liverpool di Wembley, Minggu (22/10/2017) malam WIB. Meski faktor tuan rumah seharusnya menjadi keuntungan, tapi sejauh ini The Lilywhites justru kesulitan.

Baru satu kemenangan dipetik Spurs dalam empat partai kandang terakhir di liga. Satu-satunya kemenangan itu pun didapatkan dengan tak meyakinkan, saat susah payah mengatasi Bournemouth dengan skor tipis 1-0.

Liverpool di sisi lain masih jadi semacam momok untuk Spurs. Sembilan pertemuan berakhir tak ada yang berakhir dengan kemenangan untuk anak-anak London tersebut. Akankah catatan itu diakhiri Spurs pekan ini?

Data dan fakta laga antara Spurs melawan Liverpool seperti dirangkum Opta

- Setelah merangkai empat kemenangan dan satu hasil imbang antara 2010 sampai 2012, Spurs selanjutnya tanpa kemenangan di sembilan duel Premier League melawan Liverpool. Mereka mendapatkan tiga hasil imbang dan menelan enam kekalahan.

- Liverpool tak terkalahkan di empat partai tandang ke Spurs, dua kali menang dan dua kali imbang. Mereka cuma kebobolan sekali dalam periode itu dan mencetak sembilan gol.

- Wembley bisa menjadi stadion ke-53 di mana Liverpool memetik kemenangan di Premier League. Catatan menang di 52 stadion berbeda saat ini sudah merupakan rekor di kompetisi tersebut.

- Sudah ada total 140 gol tercipta di duel antara Spurs dan Liverpool di Premier League. Jumlah itu hanya tertinggal dua gol dari rekor yang tercatat dalam duel Everton vs Manchester United dan Chelsea vs Spurs.

- Pertemuan antara Spurs dan Liverpool ini juga sudah punya rekor lain, yakni jumlah gol bunuh diri (9). Tiga dari gol bunuh diri itu dicetak pemain legendaris Liverpool Jamie Carragher, yang mana sama dengan jumlah golnya untuk Liverpool sepanjang kariernya di Premier League (508 laga).

- Setelah memenangi dua pertemuan pertamanya dengan Liverpool pada Maret dan September 2013 bersama Southampton, Mauricio Pochettino belum berhasil memenangi tujuh duel berikutnya melawan tim Merseyside tersebut (3 imbang, 4 kalah). Hanya melawan Chelsea (5), dia menelan kekalahan lebih banyak dari Liverpool.

- Duel kontra Spurs merupakan laga pertama Juergen Klopp di Premier League sebagai manajer Liverpool, tepatnya pada 17 Oktober 2015 silam. Sejak saat itu, Liverpool memetik 137 poin yang merupakan torehan terbaik keenam dalam periode ini. Jumlah itu hanya 23 poin lebih sedikit dari catatan Spurs (160) yang jadi tim dengan catatan terbaik di rentang waktu tersebut.

- Harry Kane belum pernah mencetak gol di dua penampilan kandang melawan Liverpool, atau dalam 173 menit secara tepatnya. Satu-satunya tim yang dihadapinya lebih sering di kandang tanpa berhasil mencetak gol adalah Crystal Palace (3 laga/269 menit).

- Kane sudah mencatatkan 28 tembakan dengan 10 di antaranya tepat target di laga-laga kandang Premier League musim ini tanpa mencetak gol. Sebaliknya, di laga kandang dia sudah melepaskan 22 tembakan dengan sembilan yang mengarah ke gawang dan menghasilkan enam gol.

- Liverpool memenangi 61% pertandingan Premier League yang mereka jalani saat Sadio Mane turun sebagai starter sejak awal musim 2016/2017. Sebagai perbandingan, persentasenya turun jadi hanya 40% saat Mane tak jadi starter. Penyerang asal Senegal itu juga mencetak gol paling banyak di liga untuk Liverpool sejak debutnya, yakni dengan 16 gol.

- Sejak melakoni debut Premier League pada September 2013, Christian Eriksen sudah lebih banyak terlibat langsung dalam proses terciptanya gol ketimbang gelandang lainnya (74 kali). Catatannya adalah 34 gol dan 40 assist.
(raw/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed