Arsene Wenger: 22 Tahun, 704 Kemenangan, 17 Titel

Doni Wahyudi - Sepakbola
Jumat, 20 Apr 2018 16:46 WIB
Arsene Wenger mengumpulkan 17 trofi selama di Arsenal (Clive Mason/Getty Images)
Jakarta - Arsene Wenger pertama datang ke Arsenal pada tahun 1996 silam. Setelah 22 tahun bersama The Gunners, belasan trofi sudah dia persembahkan.

Wenger datang ke Premier League sebagai sosok yang asing. Tak banyak yang mengenal pria asal Prancis itu ketika dia diperkenalkan di Stadion Highbury. Apalagi dia diboyong dari klub Jepang, Nagoya Grampus.

Tapi Wenger ternyata bisa bertahan lama di The Gunners, akan genap 22 tahun saat dia memutuskan pergi di akhir musim ini. Bukan cuma lama, Wenger juga meraih banyak trofi.

[Gambas:Video 20detik]





Wenger menjadikan Arsenal sebagai pesaing utama Manchester United di era kejayaan Setan Merah bersama Sir Alex Ferguson. Total ada tiga trofi Premier League dia menangi, yakni di musim 1997-98, 2001-02, dan 2003-04.

Wenger mengantar Arsenal sangat perkasa di Piala FA. Total ada tujuh gelar berhasil didapat. Sementara tujuh gelar lain diraih di ajang Piala Liga Inggris.

Di Liga Champions, capaian terbaik pria 68 tahun itu adalah menembus parti final pada 2006. Arsenal gagal jadi juara setelah kalah 1-2 oleh Barcelona saat itu.

Pada seluruh kompetisi, Wenger total menjalani 1.228 pertandingan bersama Arsenal. Sebanyak 704 dituntaskan dengan kemenangan, 279 berakhir imbang, dan 248 tuntas dengan kekalahan.



Sementara di Premier League, Wenger tampil di 823 laga. Statistiknya adalah W473 D199 L191. Data diambil setelah The Gunners kalah 1-2 dari Newcastle United di akhir pekan kemarin. Demikian dikutip dari Whoscored.

Arsenal saat ini duduk di posisi enam klasemen Premier League, terpaut 14 angka dari Tottenham Hotspur sebagai klub terakhir di zona Liga Champions. Arsenal hampir dipastikan kembali gagal masuk Liga Champions musim depan. Mereka juga sudah tumbang di Piala FA dan tersingkir dari Piala Liga Inggris.

Satu-satunya trofi tersisa yang bisa dijadikan kado perpisahan Wenger adalah dari Liga Europa. Saat ini Mesut Oezil dkk sudah sampai semifinal dan akan menghadapi Atletico Madrid. Kemenangan di Liga Europa juga akan mengantar Arsenal lolos ke Liga Champions musim depan. (din/cas)