DetikSepakbola
Minggu 13 Mei 2018, 22:55 WIB

Kalah Telak 0-3 dari Newcastle, Chelsea Finis Kelima

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Kalah Telak 0-3 dari Newcastle, Chelsea Finis Kelima Chelsea tumbang 0-3 di markas Newcastle United di laga terakhirnya pada Premier League musim ini. (Foto: Lee Smith/Action Images via Reuters)
Newcastle upon Tyne - Chelsea menutup perjalanan di Premier League 2017/2018 dengan kekalahan telak. Juara musim lalu itu dipermalukan Newcastle United 0-3.

Bertandang ke St. James' Park, Minggu (13/5/2018) malam WIB, Chelsea mendapatkan tekanan dari tuan rumah sejak awal. The Blues kesulitan mengembangkan permainan sepanjang laga.

Chelsea tertinggal 0-1 di babak pertama usai dibobol Dwight Gayle di menit ke-23. Sepasang gol Ayoze Perez pada menit ke-59 dan 63 menegaskan kemenangan Newcastle.

Hasil ini memastikan Chelsea gagal finis empat besar. Tim besutan Antonio Conte itu sejak awal butuh kemenangan dan perlu kekalahan untuk Liverpool, agar bisa merebut posisi terakhir di zona Liga Champions.

Alih-alih segala sesuatunya berjalan berkebalikan dari skenario ideal Chelsea. Justru mereka yang kalah, sementara Liverpool menang telak 4-0 atas Brighton and Hove Albion.

Chelsea pun menuntaskan musim di posisi lima dengan nilai 70 dari 38 laga, berhak tampil di Liga Europa musim depan. Sedangkan Newcastle mengunci posisi 10 dengan 44 poin.

Jalannya Pertandingan

Selepas kick-off, Newcastle langsung berinisiatif menguasai permainan. Tuan rumah menebar ancaman di menit ke-10 lewat tembakan Jonjo Shelvey, usai menyambar bola liar hasil tembakan Mohamed Diame. Courtois masih mampu menepis.

Tak lama berselang, Diame melancarkan upayanya lagi. Tendangan mendatar nan kerasnya dihalau Courtois.

Chelsea masih kesulitan membangun serangan yang apik dan mengancam. Sementara Newcastle sudah kembali membahayakan mereka.

Pada menit ke-20, rangkaian umpan dari Shelvey, Ayoze Perez, Matt Ritchie, dan kembali ke Perez, berakhir dengan sontekan N'Golo Kante ke arah gawang. Courtois kembali sigap mengamankan gawangnya.

Semenit kemudian, sepakan Diame meluncur ke samping gawang.

Newcastle benar-benar mendapatkan gol pada menit ke-23. Umpan Ritchie ditanduk Jacob Murphy dan dihalau oleh Courtois. Tapi bola muntah disambar Dwight Gayle yang berada di tempat dan saat yang tepat untuk diceploskan ke dalam gawang.

Nyaris saja Chelsea kebobolan gol kedua tak lama berselang. Newcastle memenangi bola dan Gayle sempat menahannya sesaat, sebelum menyodorkannya ke Shelvey.

Sang gelandang sempat mengecoh satu pemain sebelum kemudian melepaskan tembakan. Tapi percobaannya masih melebar.

Chelsea benar-benar kerepotan menghadapi agresivitas Newcastle. Di menit ke-27, Courtois kembali disibukkan, kali ini mengadang upaya dari Gayle.

Newcastle mengklaim dua penalti dalam waktu berdekatan, yakni pada menit ke-34 dan 35. Yang pertama, tembakan Perez mengenai tangan Cesar Azpilicueta. Berikutnya, Azpilicueta menjatuhkan Perez. Tapi keduanya tak dilihat sebagai pelanggaran oleh wasit.

Chelsea masih berupaya menciptakan ancaman ke gawang tuan rumah, tapi belum benar-benar berhasil mewujudkannya. Sampai babak pertama berakhir, tim tamu hampir tak punya peluang bersih.

Chelsea malah nyaris kebobolan gol kedua di masa injury time babak pertama. Dalam serangan cepat, umpan silang mendatar Ritchie disambar Perez. Sepakan Perez cuma tipis saja di kiri gawang Chelsea. Babak pertama berakhir tak lama kemudian.

Newcastle mengawali babak kedua dengan kembali mencoba menguasai permainan, namun Chelsea pelan-pelan merebut kendali. Umpan silang Ross Barkley disontek Olivier Giroud, masih bisa dihentikan oleh Martin Dubravka.

Upaya lain dari Chelsea di menit ke-55. Kante menyodorkan bola ke Barkley dan dituntaskan dengan sepakan yang masih tepat ke arah Dubravka.

Pukulan telak untuk Chelsea di menit ke-59, saat Newcastle mencetak gol keduanya. Bola sapuan ceroboh dari Tiemoue Bakayoko jatuh di kaki Shelvey dan disambar dengan sepakan. Bola lantas sempat disontek Perez di depan gawang, berakhir jadi gol.

Chelsea kembali menekan di menit ke-62. Hazard dan Barkley memimpin serangan balik, di mana nama yang disebut belakangan melepaskan tembakan mendatar yang keras. Dubravka masih mampu menghalau bola.

Alih-alih mengejar ketertinggalan, Chelsea malah semakin terpuruk. Perez menyontek umpan Florian Lejeune ke dalam gawang, dalam peluang yang berawal dari umpan lambung Shelvey dari tendangan bebas.

Chelsea mendapatkan kesempatan di menit ke-68. Barkley merangsek dan bola mengalir ke Moses kemudian. Upaya Moses mengarahkan bola ke gawang masih gagal karena tendangannya melebar.

Dua menit berselang, giliran Giroud yang dapat kans. Umpan silang Moses dari kanan mengarah kepadanya di tiang jauh. Sepakan first time-nya melenceng.

Chelsea berusaha membawa bola ke depan, namun terus mampu dipotong oleh para pemain Newcastle. Sampai pertandingan usai, Chelsea nyaris tak mencatatkan satupun ancaman serius.

Juara musim lalu tersebut pun mengakhiri musim dengan kekalahan telak 0-3.

Susunan pemain:

Newcastle: Martin Dubravka, DeAndre Yedlin, Jamaal Lascelles, Florian Lejeune, Paul Dummett, Matt Ritchie (Hayden 72'), Jonjo Shelvey, Mohamed Diame (Haidara 87'), Jacob Murphy, Ayoze Perez, Dwight Gayle (Joselu 48')

Chelsea: Thibaut Courtois, Cesar Azpilicueta, Andreas Christensen, Gary Cahill, Victor Moses, Ross Barkley (Willian 77'), N'Golo Kante, Tiemoue Bakayoko, Emerson, Eden Hazard (Pedro 83'), Olivier Giroud (Morata 76')
(raw/mrp)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed